Umrah dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat dengan mengedepankan perlindungan dan keselamatan jemaah.

Jakarta, tambahasil.com – Abdurrachman dan Siti Aminah terlihat bersemangat. Meski separuh wajah tertutup masker, binar kebahagiaan jelas terpancar dari mata sepasang suami istri itu. penuh senyum. Wajar saja demikian. Pasalnya pada hari itu mereka dijadwalkan bertolak ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah umrah.

Bersama mereka, ada 419 jemaah yang diagendakan keberangkatannya untuk melaksanakan ibadah umrah dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Arab Saudi, pada Sabtu (8/1/2022).

Pasangan berusia lebih setengah abad itu sedianya dijadwalkan berangkat umrah tahun 2020. Namun wabah Covid-19 yang melanda sejak dua tahun silam menunda niat itu.

Menurut Kemenag, hingga 11 Januari 2022, sudah ada 1.023 jemaah Indonesia yang berangkat ibadah umrah. Dibukanya pelaksanaan ibadah umrah tentu juga menjadi ujung penantian bagi jemaah sekaligus angin segar bagi pelaku bisnis, misalnya perusahaan biro perjalanan.

Adalah Muhyidin, salah satu pelaku usaha penyelenggara ibadah umrah asal Surabaya yang merasa gembira, menyusul keputusan Pemerintah Indonesia untuk membuka perjalanan umrah bagi para jemaah asal Indonesia. Menurut Muhyidin, keberangkatan kloter pertama jemaah umrah itu menjadi momen bersejarah sebab sudah hampir setahun jemaah umrah Indonesia tidak menginjakkan kaki di tanah suci.

BACA  Neraca Perdagangan Indonesia Cetak Surplus Sebesar USD5,74 miliar

 “Seluruh jemaah berangkat menggunakan satu pesawat dengan penerbangan langsung dari Soekarno-Hatta menuju Madinah,” ujarnya saat dihubungi Indonesia.go.id, Sabtu (8/1/2022).

Menurut Muhyidin, jasa travel miliknya terakhir kali memberangkatkan jemaah umrah dari Indonesia pada Desember 2020 dan Januari 2021. Setelah itu, pemerintah Arab Saudi menutup pintu bagi jemaah asal Indonesia.

Berapa biaya untuk pergi umrah di masa pandemi? Muhyidin mengatakan, pihaknya memberikan tiga paket pilihan kepada calon jemaah. Biaya termurah di kisaran Rp28,1 juta dengan fasilitas hotel bintang tiga di Madinah dan bintang lima di Mekah.

Selanjutnya ada paket medium di harga Rp30,1 juta juta dan paket premium Rp32,7 juta.  Kendati demikian, biaya ini belum termasuk ongkos karantina dan tes PCR bagi calon jemaah.

BACA  Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Pangkas Waktu Tempuh

Namun, Muhyidin juga mengingatkan ada sejumlah persyaratan khusus yang diterapkan pemerintah di masa pandemi bagi para jemaah umrah. Mereka wajib melakukan karantina, tes kesehatan, dan PCR satu hari sebelum keberangkatan.

Karantina juga wajib dilakukan setelah kembali ke tanah air. “Aturan terakhir pemerintah menyebut karantina dari luar negeri itu selama tujuh hari,” ujarnya.

Biasanya pihak travel mematok biaya karantina di kisaran Rp540.000 per hari untuk satu orang. Biaya ini sudah termasuk tes PCR. Terkait dengan syarat vaksin, Arab Saudi kini menerima seluruh vaksin yang ada di Indonesia.

Namun, khusus untuk penerima vaksin Moderna, AstraZeneca, Jhonson & Jhonson, Pfizer, mereka bisa langsung masuk Arab Saudi tanpa karantina. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief mengatakan, Indonesia telah mendapatkan izin untuk pelaksanaan umrah Desember 2021 hingga Januari 2022.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.