Meski berat, sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mampu survive di tengah badai. Bahkan mampu menyumbang pertumbuhan ekonomi hingga 61,07 persen PDB.

Jakarta, tambahasil.com – Sekitar 60 juta lebih pelaku sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tetap bergerak dan survive meski mereka pun ikut goyah digempur pandemi. Omzet anjlok, penyediaan bahan terganggu, modal terancam cekak.

Tak dipungkiri, mereka pernah memiliki pengalaman yang hampir mirip dengan kondisi saat ini pada krisis ekonomi 1998 dan 2008.  Meski ujian cukup berat, sektor itu mampu survive di tengah badai, bahkan tetap mampu menyumbang pertumbuhan ekonomi hingga 61,07 persen Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

BACA  Jokowi Minta jajarannya Proaktif Tingkatkan Produktivitas Petani dan Perkuat Sektor UMKM

Dua tahun Kabinet Indonesia Maju, di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Afirmasi kabinet ini terhadap sektor UMKM telah terbukti memberikan sektor itu tetap tangguh dan mampu menjadi penopang pertumbuhan serta memberi transformasi bagi perekonomian bangsa.

Hasilnya, di bidang ekonomi pencapaian pemerintah dalam dua tahun terakhir berhasil menahan kontraksi ekonomi di tahun 2020 yang hanya sebesar -2,07% year on year (yoy) dan ini menjadikan Indonesia menempati peringkat ke-4 di antara negara G20.

Data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian juga menyebutkan, pencapaian tersebut tentunya tidak terlepas dari keberhasilan upaya pemerintah dalam pengendalian pandemi Covid-19.

Data itu juga menyebutkan ekonomi Indonesia tetap tumbuh sebesar 7,07% (yoy) di triwulan II-2021. Pencapaian sepanjang 2021 itu mencatat pertumbuhan itu merupakan pertumbuhan tertinggi dalam 16 tahun terakhir.

BACA  Kebangkitan UMKM Tumpuan Utama Pemulihan Ekonomi Dimasa Pandemi

Dalam konteks pembiayaan ke sektor UMKM–sebagai penyumbang PDB 61,07 persen, sehingga pertumbuhan ekonomi tetap terjaga– pemerintah pun telah memberi sinyal untuk terus meningkatkan pembiayaan ke UMKM.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Website Protected by Spam Master