National Paralympic Committe (NPC) Indonesia menargetkan 105 medali emas dan menjadi juara umum untuk ketiga kali di ajang Asean Para Games.

Jakarta, tambahasil.com – Kepercayaan induk-induk organisasi olahraga internasional kepada Indonesia tak pernah surut untuk meminta bangsa ini menjadi pengampu lomba antarnegara. Setelah menggelar kejuaraan bola basket internasional Piala Asia FIBA 2022, Indonesia juga telah ditunjuk sebagai tuan rumah ASEAN Para Games (APG) 2022. Ini adalah perhelatan olahraga multicabang dua tahunan khusus penyandang disabilitas di kawasan Asia Tenggara.

Kota Surakarta atau dikenal sebagai Solo akan menjadi lokasi penyelenggaraan APG ke-11. Solo sudah dua kali dipercaya jadi tuan rumah setelah sebelumnya di APG keenam, pada 2011.

Untuk kebutuhan APG, sebuah kepanitiaan nasional turut dibentuk. Namanya Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committe (INASPOC) 2022. Kemudian diperkuat dengan Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 yang terbit pada 17 Juni 2022.

BACA  Berdirinya Komunitas Penggiat ECO ENZYM Di NTT

“Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Panitia Nasional INASPOC dapat mengikutsertakan, bekerja sama, dan/atau berkoordinasi dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan/atau pihak lain yang dianggap perlu sesuai dengan tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing,” demikian isi Perpres.

National Paralympic Committe (NPC) Indonesia sebagai pelaksana APG 2022 juga telah meminta Wali Kota Gibran Rakabuming Raka sebagai Ketua INASPOC. NPC Indonesia yang berpusat di Solo adalah induk organisasi olahraga penyandang disabilitas di tanah air.

Panitia Nasional INASPOC terdiri atas dua unsur, yaitu pengarah diketuai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. Sedangkan penyelenggara diketuai oleh Menteri Pemuda dan Olahraga dengan wakil ketuanya adalah Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun. Dalam melaksanakan tugasnya, Panitia Nasional INASPOC bertanggung jawab kepada Presiden.

BACA  Stimulus Khusus Industri Otomotif Bangkitkan Ekonomi

Ada 14 cabang olahraga dipertandingkan pada APG 2022, seperti atletik, tenis kursi roda, sepak bola (cerebral palsy dan tuna netra), boccia, catur, angkat berat, tenis meja, judo, basket kursi roda, voli duduk, dan renang. INASPOC dan NPC Indonesia telah menyiapkan 14 venue di Kota Solo, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Semarang untuk seluruh cabang tersebut.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.