Transformasi digital nasional dilakukan dengan fokus pada sepuluh sektor prioritas untuk mempercepat terwujudnya infrastruktur, pemerintahan, ekonomi, dan masyarakat digital.

Jakarta, tambahasil.com – Sebagai upaya percepatan transformasi digital nasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Komifo) telah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital tahun 2021-2024 sebagai panduan strategis yang memandu perjalanan transformasi digital bangsa.

Menurut Menteri Kominfo Johnny G Plate, transformasi digital dilakukan dengan fokus pada 10 sektor prioritas untuk mempercepat terwujudnya infrastruktur, pemerintahan, ekonomi, dan masyarakat digital.

“Yakni sektor transportasi dan pariwisata digital, perdagangan digital, jasa keuangan digital, media dan hiburan digital, pertanian dan perikanan digital, real estate dan perkotaan digital, pendidikan digital, kesehatan digital, digitalisasi perindustrian, serta digitalisasi pemerintahan,” ujarnya dalam diskusi virtual Aman Bertransaksi di Era Digital” dari Jakarta, Rabu (8/9/2021).

BACA  Jokowi Lakukan Transformasi Ekonomi Dari Sektor Konsumsi Jadi Sektor Produksi

Dijabarkan oleh Menteri Johnny, dari Peta Jalan Indonesia Digital tersebut diuraikan lagi dalam 100 inisiatif utama untuk dilaksanakan secara kolaboratif bersama dengan seluruh kementerian, lembaga pusat dan daerah, pelaku usaha, serta masyarakat umum dalam 10 sektor prioritas tersebut.

“Sebagai salah satu sektor strategis dalam agenda transformasi digital nasional, sektor ekonomi digital menjadi pilar penting bagi terciptanya transformasi ekonomi yang sinergis, yang optimal dan yang berkesinambungan,” jelasnya.

Sebagai contoh nyata, kendati Indonesia mengalami pandemi Covid-19, geliat revolusi industri 4.0 menjadi salah satu faktor katalis yang mengakselerasi agenda transformasi digital Indonesia.

Di masa pandemi, transaksi ekonomi melejit melalui finansial teknologi, transaksi digital dari penjualan produk dan layanan jasa kesehatan meningkat 300 persen lebih. Begitu pun aktivitas pendidikan, pemerintah dan bisnis banyak ditopang melalui platform digital. Termasuk juga penyaluran bantuan sosial, pengumpulan donasi bagi keluarga terdampak Covid-19, hingga pelayanan vaksinasi massal.Momentum ini sedikit banyak mendorong terciptanya transformasi ekonomi pada sektor digital, digitalisasi UMKM, dan ekonomi hijau.

BACA  Pemerintah Berikan Bantuan Operasional Untuk Masjid/ Musala

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.