Pekan Olahraga Nasional (PON) tidak hanya sebatas pesta olahraga, namun lebih dari itu adalah persatuan, sinergitas, momentum kebangkitan bangsa dari hantaman badai pandemi.

Jakarta, tambahasil.com -Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tinggal menghitung jam akan segera berakhir. Di tengah keraguan banyak kalangan akan keberhasilannya, Papua mampu memperlihatkan kepada semua mata, tak hanya prestasi yang mampu terukir di gelaran pesta olahraga terbesar ini, tapi juga semangat bangkit dari pandemi COVID-19, terpampang nyata.

Dari sisi prestasi, rekor PON bahkan rekor dunia tercipta di event yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober 2021 ini. Tercatat 55 rekor mampu ditorehkan atlet-atlet kebanggaan daerah bahkan kebanggaan Indonesia. 55 rekor tersebut diperoleh dari cabang olahraga Akuatik, Atletik, Selam dan disiplin Angkat besi yang di antaranya masuk dalam klasifikasi rekor PON dan rekor Nasional.

BACA  Penyelenggaraan PON XX Menggambarkan kemajuan Papua

Peluang mencetak rekor barupun masih sangat terbuka mengingat, Kamis (14/10/2021), beberapa pertandingan final masih akan berlangusung sebelum, Jumat (15/10/2021), baru akan berakhir seluruhnya.

Pesta olahraga inipun menorehkan catatan emas, bagaimana semua pihak bahu membahu menjaga penerapan protokol kesehatan. Perhelatan digelar di tengah pandemi, dan paparan virus COVID-19 tak terhindarkan. Namun selain menekan penyebarannya, Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 dan semua pihak dalam hal ini Dinas Kesehatan di masing-masing klaster mampu menjalankan fungsinya dalam tracing dan tracking.

Dengan sekitar 10 ribu peserta belum termasuk penonton, hanya ditemukan 83 kasus yang terkonfirmasi positif COVID-19. Hal ini menunjukkan tracing dan tracking berjalan dengan baik dan dilakukan ketat.

BACA  Mendukung Kota-Kota di Papua Berkembang Menjadi Kota Cerdas

“Diakui ada kasus. Namun kalau kita lihat dari sisi yang berbeda itu justru menunjukkan bahwa protokol kesehatan dalam hal ini testing, tracing dan treatment kita lakukan secara baik,” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, saat dialog virtual dengan dengan atlet dan pelatih yang mengikuti PON XX Papua, Kamis (14/10/2021).

Dialog ini dilakukan dari tiga Media Center Klaster Kominfo yang ada di Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke, serta Media Center Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang ada di Jakarta.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Website Protected by Spam Master