Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan akan memangkas waktu tempuh Jakarta-Cikampek (Japek) dari sisi selatan. Kendati belum rampung, jalan tersebut akan dioperasikan secara fungsional pada musim mudik tahun ini.

Jakarta, tambahasil.com – Jelang mudik Idulfitri pada 2022, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggenjot persiapan untuk bisa mengoperasikan sejumlah ruas baru dan mengecek kelayakan semua jalan dan jembatan. Bahkan jalan-jalan alternatif dibuat untuk memperlancar arus mudik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 13 April 2022 meresmikan jalan lingkar Brebes-Tegal. Kehadiran jalan sepanjang 17,4 kilometer (km) tersebut melengkapi struktur jaringan jalan nasional di wilayah pantai utara Jawa (Pantura) dan mendukung jaringan jalan tol Trans-Jawa.

BACA  Provinsi Paling Timur Akan Ukir Nama Deretan Para Juara Peparnas

“Kita tahu kepadatan lalu lintas Kota Brebes, Kota Tegal, sangat tinggi sejak dulu. Terutama menjelang mudik lebaran dan tahun baru serta hari-hari libur lainnya,” ujar Presiden Jokowi.

Dengan beroperasinya jalan lingkar Brebes-Tegal, beban lalu lintas di Pantura diperkirakan berkurang hingga sebesar 48 persen. Selain itu, kehadiran jalan lingkar tersebut juga bakal memperlancar konektivitas di wilayah Tegal dan Brebes.

Berdasarkan data dari Kementerian PUPR, Jalan Lingkar Brebes-Tegal memiliki lebar 7,5 meter untuk dua lajur dan dilengkapi dengan delapan jembatan. Jalan lingkar ini pertama kali dibangun pada Desember 2019 dengan biaya Rp224 miliar.

Sementara itu, dalam menunjang kelancaran perjalanan mudik lebaran, pemerintah juga menyiapkan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan untuk dioperasikan secara fungsional sebagai jalur alternatif. Di manakah tol Japek II Selatan itu? Jalan tol itu menghubungkan jalan tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi, dengan jalan tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta.

BACA  PON XX Papua Didukungan Infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi

Saat ini jalan tol Japek II Selatan masih dalam tahap pembangunan. Nantinya, setelah beroperasi penuh, dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan yaitu Purwakarta.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.