Jakarta, tambahasil.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satu upaya yang dilakukannya adalah melalui pendidikan vokasi oleh satuan pendidikan lingkup KKP di bawah Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM).

Pada hari Selasa (19/4/2022), Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono melakukan kunjungan kerja ke Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Tegal, Jawa Tengah. SUPM Tegal merupakan salah satu dari 20 satuan pendidikan di lingkungan KKP. Selain menghasilkan SDM unggul, SUPM ini banyak menghasilkan berbagai inovasi.

Pada kunjungannya ke SUPM Tegal, Menteri Trenggono disambut dengan drum band yang dimainkan oleh para siswa/taruna. Selanjutnya ia meninjau sarana dan prasarana pendidikan, serta berbagai inovasi yang dihasilkan kampus tersebut.

Terdapat inovasi peralatan karya para siswa SUPM yang dilihat Menteri Trenggono, misalnya line hauler, alat untuk menarik tali utama rawai tuna. Contoh lainnya inovasi mar fish lamp, lampu celup pemanggil ikan tanpa kabel, yang aman dari kebakaran dan penggunaannya lebih efektif dan efisien. Selama ini masyarakat biasa menggunakan lampu sorot yang lebih boros energi listrik dan menggunakan kabel yang tingkat keselamatannya kurang baik. Selain itu, ada pula inovasi alat pemanggang ikan modern. Tak hanya inovasi peralatan, terdapat inovasi pengolahan perikanan, seperti tahu rumput laut dan brownies ikan.

BACA  Desa Korporasi Sapi Mampu Tingkatkan Populasi

“Kamu kelas berapa? Rajin-rajin belajar, semoga sukses ya!” ujar Menteri Trenggono kepada siswa-siswi SUPM Tegal.

Terkait SDM unggul yang dihasilkan SUPM Tegal tidak diragukan lagi. Disampaikan kepada Menteri Trenggono, sebagian besar lulusan SUPM Tegal, Jawa Tengah, yaitu sekitar 60%, terserap untuk bekerja di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) luar negeri dan 20% terserap di DUDI dalam negeri, serta lainnya bekerja di dalam negeri, antara lain wirausaha, instansi pemerintah dan nonpemerintah, serta melanjutkan pendidikan (kuliah) ke perguruan tinggi.

Para lulusan SUPM Tegal yang bekerja di luar negeri tersebar antara lain di Spanyol, Prancis, Amerika Serikat, Kanada, Peru, Brazil, Jepang, Korea, Hongkong, Taiwan, Singapura, Malaysia, Australia, Selandia Baru, Guam, Saipan, Hawaii, Fiji, Bahrain, Madagaskar, Mauritius, Mauritania, Afrika Selatan, Mozambik, dan Las Palmas. Diharapkan para lulusan sepulangnya ke tanah air dapat mengembangkan kelautan dan perikanan dalam negeri dengan berbekal keahlian dan pengalamannya di luar negeri.

BACA  Program Citarum Harum Membuat Ikan-Ikan Bisa Berenang lagi

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.