Tiga program prioritas Kementerian Perindustrian tahun anggaran 2022 meliputi program pendidikan dan pelatihan vokasi, program nilai tambah dan daya saing industri, serta program dukungan manajemen.

Jakarta, tambahasil.com – Industri pengolahan menjadi andalan Indonesia untuk bersaing di pasar global. Di tengah-tengah wabah pandemi, subsektor ini masih memberikan kontribusi bagi ekspor, bahkan tetap mencatat pertumbuhan selama semester I-2021.

Indikator itu bisa terlihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS). Menurut lembaga itu, sepanjang periode Januari–Juli 2021, industri pengolahan tetap mencatat kenaikan pertumbuhan sebesar 31,36 persen dibanding periode yang sama pada 2020.

Wajar saja, Kementerian Perindustrian sebagai pengampu sektor itu tetap mematok pertumbuhan pada 2022. Berpijak pada asumsi wabah masih berlangsung pada tahun itu, mereka pun tidak memasang target agresif untuk pertumbuhan industri pengolahan pada 2022. Hanya tumbuh 4,5 persen—5 persen atau hanya naik tipis dari target tahun ini sebesar 4 persen—4,5 persen.

BACA  Jalan Tol Semarang-Demak Yang Multifungsi

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memaparkan, seiring target pertumbuhan manufaktur itu, ekspor diharapkan mampu mencapai USD141 miliar—USD147 miliar pada tahun depan.

Angka itu naik dari target tahun ini senilai USD136 miliar—USD141 miliar. Adapun, untuk investasi manufaktur, tahun depan ditargetkan mencapai Rp368 triliun atau naik dari proyeksi tahun ini senilai Rp301 triliun.

“Dari sisi substitusi impor, kami proyeksi akan tercapai sesuai program yang sejak 2019 kami gencarkan, yakni 35 persen dari pencapaian tahun ini sebesar 22 persen,” katanya, dalam Rapat Kerja Komisi VII DPR RI, Rabu (25/8/2021).

Agus menjelaskan, untuk mencapai target kinerja industri tahun depan dan melanjutkan upaya pemulihan sektor manufaktur, Kemenperin membutuhkan dukungan tambahan anggaran yang memadai untuk pelaksanaan sejumlah program prioritas.

BACA  PON XX Dongkrak UMKM dan Pariwisata Papua

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.