Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimis target program sejuta rumah (PSR) dapat terwujud melihat tren capaian yang positif dari tahun ke tahun.

Jakarta, tambahasil.com – Setiap tahunnya kebutuhan masyarakat terhadap hunian yang layak terus meningkat. Dalam rangka memenuhi kebutuhan itu sejak 2015 Presiden Joko Widodo mencanangkan program sejuta rumah (PSR).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melaporkan, per 13 Agustus 2022 pencapaian program sebanyak 544.845 unit rumah.

Menteri Basuki mengakui, angka tersebut belum sesuai harapan terkait target satu juta unit rumah per tahun. Namun, Basuki optimistis, target dapat terwujud, jika melihat tren capaian yang positif dari tahun ke tahun.

BACA  Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua di Stadion Mandala

“Kami sadari, capaian tersebut belum sepenuhnya memenuhi harapan. Kami tetap mengupayakan beberapa inovasi dan terobosan,” ujar Basuki.

Apa saja terobosan yang akan dilakukan Kementerian PUPR untuk mengejar target PSR pada 2022. Pertama, mendorong pemanfaatan tanah pemerintah atau pemda dan tanah negara. Pembangunan rumah di lahan tersebut diyakini dapat mengatasi hambatan ketersediaan lahan perumahan yang saat ini makin mahal dan terbatas.

Kedua, membangun perumahan mixed-use lewat pembiayaan investasi dan kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha (KPBU) di sektor perumahan. Ketiga, mendorong pengembangan rumah susun berbasis transit oriented development (TOD) guna memudahkan mobilitas masyarakat. Keempat, kolaborasi dengan perbankan dan instansi terkait untuk menyediakan perumahan bagi MBR, khususnya ASN, TNI, dan Polri.

BACA  KSSK Mengingatkan Potensi Risiko Dari Sisi Domestik Maupun Global

Kelima, mendorong pemda untuk menerapkan Surat Edaran Bersama Empat Menteri tentang Percepatan Pelaksanaan Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung. Tujuannya, memberikan kemudahan perizinan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.