Melesatnya Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia pada bulan kesepuluh tersebut merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah manufaktur negara ini.

Indonesia mendapatkan rapor yang bagus berkaitan aktivitas bisnis sepanjang Oktober 2021. Hal itu tecermin dari laporan Purchasing Managers Index atau PMI manufaktur Indonesia yang naik ke level 57,3 pada bulan lalu, naik dibanding September pada level 52,2.

Menurut data yang dirilis IHS Markit, angka tersebut menunjukkan kepercayaan diri bisnis secara keseluruhan membaik pada Oktober dengan harapan perbaikan terus berlanjut. Lembaga itu juga mencatat tingkat pertumbuhan itu merupakan yang tercepat sejak survei dimulai pada April 2011.

Melesatnya PMI manufaktur Indonesia pada bulan kesepuluh tersebut, menurut rilis IHS Markit, merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah manufaktur Indonesia. Posisi PMI di atas 50 menandai bahwa sektor manufaktur sedang mengalami fase ekspansi.

BACA  Indonesia National Day Berlangsung di Al Wasl Plaza Dubai

“Kenaikan permintaan dan output juga diterjemahkan menjadi kepercayaan sektor manufaktur yang lebih baik,” kata Direktur Asosiasi Ekonomi di IHS Markit, Jingyi Pan, Senin (1/11/2021).

Meskipun demikian, IHS Markit juga mencatat masih ada masalah dari sisi pasokan dan pengiriman untuk industri manufaktur. Meski bukan hal yang baru bagi Indonesia, lanjutnya, hal ini layak untuk diamati apakah persoalan pasokan akan menghambat pemulihan ekonomi pada bulan-bulan mendatang.

Adapun, perbaikan kinerja manufaktur yang ditunjukkan oleh lonjakan angka PMI manufaktur pada Oktober 2021 tecermin di industri tekstil. Perbaikan tersebut, selain karena pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), juga dipengaruhi faktor eksternal seperti turunnya pasokan barang impor dari Tiongkok.

BACA  Peparnas Papua Menyampaikan Pesan Kesetaraan

Krisis energi Tiongkok dan kemacetan pengapalan membuka pasar baru yang mau tidak mau harus diisi oleh pelaku industri domestik sehingga mengerek aktivitas produksi. Merespons hasil rilis IHS Markit periode Oktober 2021 tersebut, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyambutnya dengan gembira.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.