Kota Parapat berbenah. Sejumlah sarana penunjang pariwisata Danau Toba diresmikan. Jalan tol diharapkan bisa tembus sampai Parapat pada 2024. Toba didorong untuk rebranding.

Parapat, tambahasil.com – Dengan sepeda motor Kawasaki W175 kesayangannya, Presiden Joko Widodo beserta rombongan menyusuri jalan mulus di Dataran Tinggi Toba, Rabu (2/2/2022). Start dari Simpang Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, menuju ke kawasan Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun. Presiden mengenakan helm, masker, dan jaket warna hijau dengan logo G20 di bagian dadanya.

Di belakang Presiden Jokowi, ada belasan pesepeda motor lain berderet. Di samping para pengawal, terlihat ada Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan sepeda motor masing-masing. Meski matahari cukup terang, udara sejuk di tanah pegunungan cukup terasa.

BACA  Surat Rekomendasi Program Jaminan Persalinan

‘’Saya dan para menteri ingin menghirup udara segar Danau Toba, karena udara di sini sangat fresh. Rugi kalau kita enggak naik motor. Juga melihat infrastruktur jalannya mulus enggak. Ya, tadi sudah kita cek, 80  persen mulus, tapi  ada 20 persen yang agak bergelombang. Kita sudah menyampaikan ke Menteri PUPR,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya di Kawasan Pantai Bebas Parapat.

Hari itu, Presiden Jokowi sedang menjalani serangkaian acara kunjungan kerja (kunker) ke Sumatra Utara. Kondisi dunia pariwisata Danau Toba menjadi salah satu fokusnya. Maka, salah satunya ialah meninjau Pantai Parapat, salah satu destinasi pantai Danau Toba yang paling mudah dijangkau dari arah Kota Medan melalui Kota Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun.

Rute 11 km pada  jalur Balige-Porsea-Pematang Siantar via Parapat, yang dilewati Presiden Jokowi itu memang menyuguhkan pemandangan indah khas kawasan pegunungan Toba. Sekitar 15 menit  rombongan Presiden tiba di sebuah ruang terbuka yang merupakan teras dari Kota Wisata Parapat. Di situ terdapat taman bermain, arena skateboardtrack jogging, taman hijau, kafe, patung-patung, dan plaza yang sekaligus berfungsi sebagai arena pertunjukan.

BACA  Papua Akan Tumbuh Lebih Tinggi Dari Pertumbuhan 14% di 2021

Presiden Jokowi meninjau sekaligus meresmikan ruang terbuka yang baru rampung dipugar dengan biaya Rp84,6 miliar. Pada saat yang sama, Presiden Jokowi juga meresmikan pengoperasian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)  Kota Parapat. Berkat fasilitas IPAL itu, limbah cair kota Parapat yang sebelumnya dialirkan begitu saja ke danau, kini diproses dahulu, sehingga air yang masuk ke badan danau sudah lebih bersih, secara fisik maupun kimia.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.