PT Telkom Indonesia memberikan jaminan ketersediaan jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang mumpuni sepanjang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Jakarta, tambahasil.com – Vice President Corporate Communication PT Telkom Pujo Pramono menyatakan, PT Telkom siap melayani jaringan komunikasi dan menjamin tersedianya jaringan internet yang stabil selama PON Papua. Kesiapan tersebut sudah dipastikan melalui rehearsal test atau uji jaringan, pengecekan infrastruktur yang akan digunakan dan berbagai persiapan lainnya untuk menyukseskan penyelenggaraan PON Papua pada 2–15 Oktober 2021. Persiapan ini telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu.

Uji jaringan tersebut dilakukan selama tiga bulan terakhir pada infrastruktur penyangga, jaringan akses, dan layanan, baik Telkom maupun Telkomsel, termasuk Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) yang berupa kabel bawah laut, satelit, radio IP, dan cyber security attack (DDoS protection). Uji jaringan itu dilakukan melalui 61 kegiatan yang terdiri dari beragam skenario gangguan berbeda-beda untuk melatih petugas dan sistem agar mampu mengatasi masalah-masalah yang muncul selama berlangsungnya PONPapua.

BACA  Pemerintah Resmi Luncurkan Program Bantuan Tunai Untuk Pedagang Kaki Lima

Telkom juga telah membuat sistem pencadangan (backup) 99,99 persen untuk mendukung kelancaran konektivitas selama berlangsungnya PON XX Papua serta membentuk gugus tugas yang beranggotakan sekitar 900 orang, yang terdiri dari teknisi khusus, di samping dukungan teknisi maupun expert reguler yang ada di Papua dan area lain di Indonesia.

Ratusan personel itu bertugas setiap hari di 49 arena pertandingan yang tersebar di empat kabupaten dan kota lokasi penyelenggaraan, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Para personel itu juga bertugas memastikan keamanan dan kesiapan jaringan di empat kabupaten dan kota penyelenggara PON XX Papua 2021. Kemudian, Gugus Tugas Telkom juga bertugas melakukan mitigasi risiko pada Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) yang di dalamnya terdapat jaringan Palapa Ring Timur, satelit, menara radio, serta kabel bawah laut.

BACA  Presiden Apresiasi Peran TNI Saat Pandemi

Pengawasan sistem dan jaringan telah dilakukan Telkom secara hibrida, dengan mengandalkan tenaga manusia dan robot yang memanfaatkan teknologi robotic process automation (RPA) dan machine learning. Metode smart monitoring sengaja diterapkan untuk mempercepat penanganan apabila terjadi gangguan, sekaligus memastikan seluruh sistem bisa berjalan dengan baik sesuai fungsinya.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.