Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2021 meningkat. Jumlahnya setara dengan pembiayaan 9,1 bulan impor atau 8,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

 

Jakarta, tambahasil.com – Posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia kembali meningkat pada Agustus 2021 menjadi USD144,78 miliar dan tercatat se bagai posisi tertinggi sepanjang sejarah RI. Rekor tertinggi sebelumnya adalah USD138,80 miliar yang dicapai pada akhir April tahun ini.

Pada posisi akhir Juli 2021, cadangan devisa Indonesia tercatat sebesar USD137,34 miliar. Cadangan devisa Agustus 2021 naik setelah adanya tambahan dana berupa alokasi special drawing rights (SDR) dari Dana Moneter Internasional (IMF).

Alokasi SDR yang diterima sebesar 4,46 miliar SDR atau setara dengan USD6,31 miliar. Sebagai informasi, SDR adalah cadangan devisa internasional yang diciptakan sejak 1969 sebagai tambahan cadangan devisa bagi negara-negara anggota IMF.

BACA  Kebangkitan UMKM Tumpuan Utama Pemulihan Ekonomi Dimasa Pandemi

Kebijakan tersebut dimaksudkan untuk memperkuat cadangan devisa bagi negara-negara anggota IMF, termasuk Indonesia. Tahun ini, lembaga itu menambah alokasi SDR dan mendistribusikannya kepada seluruh negara anggotanya sesuai dengan proporsional kuota masing-masing negara.

“Ini merupakan upaya IMF untuk mendukung ketahanan dan stabilitas ekonomi global dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19 dan membangun kepercayaan pelaku ekonomi, serta memperkuat cadangan devisa global. Alokasi SDR tersebut didistribusikan kepada negara-negara anggota IMF tanpa biaya,” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono, dalam keterangan resmi, Selasa (7/9/2021).

Seperti disebutkan di atas, SDR adalah instrumen aset keuangan yang diterbitkan oleh IMF untuk mendukung cadangan devisa masing-masing negara anggotanya. Tentu tujuan masing-masing negara berbeda-beda, tergantung pada situasi yang melatarbelakangi keputusan IMF.

BACA  PPKM Jawa-Bali Diberlakukan Dua Minggu dan Evaluasi Setiap Minggu

Khusus soal suntikan SDR bagi Indonesia, negara ini bukan pertama kalinya menikmati fasilitas SDR. Pada 1998, Indonesia pernah mendapatkan suntikan SDR dan itu atas permintaan pemerintah Indonesia. Penyebabnya Indonesia mengalami krisis keuangan.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.