Pemerintah memperbolehkan seluruh pertandingan yang digelar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua dihadiri oleh penonton dengan kapasitas terbatas. Syaratnya, penonton harus sudah divaksin.

 

Jakarta, tambahasil.com – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, dalam konferensi pers terkait PON XX dan Peparnas XVI secara hibrida di Papua, pada Jumat, 10 September 2021, mengatakan bahwa kehadiran penonton di setiap pertandingan harus melalui sejumlah syarat, di antaranya, harus dengan standar protokol kesehatan yang ketat.

Protokol kesehatan itu harus dimulai sejak pendaftaran, yang harus dilakukan secara online, bahkan untuk masuk harus menunjukkan surat vaksinasi dan melakukan pengecekan suhu tubuh. Penonton, seluruh panitia, dan mereka yang terlibat PON juga harus memakai masker.

BACA  PON XX Dongkrak UMKM dan Pariwisata Papua

Sedangkan, jumlah penonton yang diperbolehkan akan ditetapkan secara resmi setelah melalui pembahasan oleh pemerintah. Menurutnya, walaupun kasus Covid-19 berangsur turun, masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan, termasuk saat PON dilaksanakan.

“Saya sudah melihat serta mendapat laporan kesiapan pelaksanaan PON Papua dan memang sudah siap sehingga diharapkan pesta olahraga yang akan dibuka Presiden Jokowi itu berlangsung aman,” kata Mahfud dalam konferensi pers, setelah meninjau persiapan PON Papua.

“Kita sekarang sudah memutuskan setiap pertandingan bisa ditonton, cuma syaratnya dua. Satu protokol kesehatan. Kedua, jumlah penontonnya akan ditentukan sesuai dengan keadaan yang akan diputuskan dalam waktu dekat, jadi tidak bisa berbondong-bondong,” kata dia.

BACA  Presiden Joko Widodo Resmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Kalimantan

Mahfud mengatakan, nantinya gelaran tersebut juga akan disiarkan secara langsung oleh televisi arus utama. “Tentu ada siaran langsung kalau bagi yang mau nonton secara virtual. Ada siaran langsung bagi yang mau nonton lewat televisi mainstream yang biasa kita tonton setiap hari,” kata Mahfud.

Sebelumnya, pemerintah telah memastikan PON XX Papua dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) ke-16 di Papua pada Oktober 2021 tetap dilaksanakan meski di tengah pandemi Covid-19. PON Papua pada 2–15 Oktober akan digelar di empat klaster, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.