Kabupaten Merauke menjadi satu lokasi tempat berlangsungnya perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang digelar sejak 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021.

Jakarta, tambahasil.com – Penyelenggaraan PON Papua di Kabupaten Merauke akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat setempat. Pasalnya, kabupaten itu juga ketempatan beberapa cabang olahraga (cabor) untuk dilombakan. Cabor itu adalah wushu, sepak bola putri, anggar, catur, road race, gulat, dan motor cross.

Tentu ada alasan khusus kenapa kabupaten paling timur di Indonesia itu dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan pesta berskala nasional. Seperti, letaknya yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini, sehingga tempat ini menjadi titik terluar di bagian timur Indonesia.

Lalu, Merauke yang merupakan kabupaten terluas di Timur Indonesia memiliki alam yang amat luar biasa menawan. Bandar Udara Internasional Mopah menjadi salah satu pintu gerbang untuk memasuki Merauke yang menawarkan beraneka ragam keindahan alam, mulai dari Monumen Kapsul Waktu hingga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota.

BACA  Papua Mengerahkan Ribuan Relawan Agar Pelaksanaan PON Lancar

Jelang PON Papua, beberapa tempat juga telah dihiasi dengan ornamen PON sehingga bisa dijadikan sebagai spot foto yang menarik untuk menyambut para atlet dan pengunjung lainnya.

Selain tempat tersebut, Anda juga dapat mengunjungi beberapa tempat wisata di kota rusa yang berpenduduk sekitar 230.932 orang ini. Salah satunya adalah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Kabupaten Merauke. yang berbatasan langsung dengan Negara Papua New Guinea, berjarak kurang lebih 90 km dari Kota Merauke.

Masyarakat atau wisatawan yang akan masuk ke PLBN Sota tidak dipungut biaya. Kecuali untuk biaya parkir kendaraan yang pengelolannya bekerja sama antara Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Merauke dan masyarakat setempat.

BACA  PON XX Digelar Dengan Kehadiran Penonton Yang Sudah Tervaksinasi

Di samping pintu gerbang PLBN Sota, terpampang tulisan berukuran besar 0 KM Merauke-Sabang. PLBN Sota selesai dibangun pada 2019 dan rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo setelah pembukaan PON XX Papua.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.