Agar bisa masuk pasaran global pisang Nusantara wajib memenuhi aturan Global Good Agriculture Practice (GAP) for Banana Production. Ada enam poin yang perlu diperhatikan.

 

Jakarta, tambahasil.com – Beberapa waktu lalu, Pemerintah mengadakan acara Gelar Buah Nusantara (GBN) ke-6 tahun 2021 sebagai salah satu upaya dalam rangka mendorong peningkatan daya saing serta konsumsi buah Nusantara yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan.

Kegiatan tersebut melibatkan banyak lapisan masyarakat, mulai dari petani selaku produsen buah, pelaku UMKM, eksportir buah, pelaku pasar, serta kementerian/lembaga terkait baik di pusat maupun di daerah yang berkolaborasi untuk menggenjot konsumsi buah Nusantara.

Presiden Joko Widodo saat meluncurkan GBN 2021, Senin (9/8/2021), berpesan bahwa di masa pandemi Covid-19 masyarakat harus menjaga stamina dan meningkatkan imunitas tubuh dengan lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

BACA  Tujuh Penyakit Buras atau Ayam Kampung Bukan Ras

Dalam kesempatan yang sama, Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, buah-buahan sebagai komoditas hortikultura merupakan salah satu subsektor pertanian yang memiliki potensi untuk didorong untuk meningkatkan kesejahteraan petani, ekonomi daerah, dan meraup devisa negara melalui ekspor.

Pada 2020, ekspor hortikultura sebesar USD645,48 juta, yaitu meningkat sebesar 37,75% dibanding 2019. Peningkatan ekspor ini didominasi oleh komoditas buah-buahan, di mana selama masa pandemi Covid-19 pada 2020, nilai realisasi ekspor buah-buahan tercatat sebesar USD389,9 juta, meningkat 30,31% dibanding 2019 dengan lima negara tujuan utama yaitu Tiongkok, Hongkong, Malaysia, Arab Saudi, dan Pakistan.

Dari sisi produksi buah, dari tahun 2000 hingga 2020, rata-rata pertumbuhan produksi buah Indonesia per tahun meningkat rata-rata 6,06%. Namun sayangnya, konsumsi buah-buahan masyarakat Indonesia masih di bawah batas minimal angka kecukupan gizi Badan Kesehatan Dunia (WHO).

BACA  Jokowi Minta jajarannya Proaktif Tingkatkan Produktivitas Petani dan Perkuat Sektor UMKM

Rangkaian acara GBN 2021 ini diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan buah Nusantara untuk berjaya di dalam negeri dan berdaya saing di luar negeri dengan harga yang kompetitif.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.