Kediri, tambahasil.com – Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan distribusi sapi dari wilayah produsen di Jawa Timur. Kunjungan ke sentra peternakan dilakukan  ke 4 (empat) peternakan di Kabupaten Kediri dan Kabupaten Nganjuk.

Beberapa peternak memastikan siap untuk mensuplai sapi. Santoso, Peternak dari Kabupaten Kediri, mengatakan pihaknya memiliki sapi sebanyak 240 ekor dengan harga jual 50-51ribu/ kg Bobot Hidup. Kemudian, Tono juga mengatakan, pihaknya memiliki sapi sebanyak 150  ekor.  Kemudian Suud, peternak dari Kab Nganjuk mengatakan  memiliki sapi sebanyak 300 ekor. Terakhir, pemilik UD. Sapi Baru, Ahmad Mursyid mengatakan, memiliki sapi sebanyak 150 ekor dengan harga Rp.49, 5 ribu /kgBB.

Sementara itu, Ketua DPP Jaringan Pemotong dan Pedagang Daging Indonesia (JAPPDI), Asnawi mengatakan, melihat sapi-sapi di peternak Jawa Timur memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan kualitas sapi eks impor dan dari sisi harga timbang hidup tidak sampai Rp.50.000.

BACA  Indonesia Mendapat Berkah Komitmen Dari Produsen Gula Dubai

“Artinya mengenai adanya isu kenaikan harga diatas Rp. 50 ribu telah terbantahkan, disini harga Rp.49.500, suatu harga yang bagus,” ujarnya.

Direktur Utama PT. Berdikari, Harry Warganegara yang mendampingi Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, langsung melakukan transaksi dengan membeli 40 ekor sapi dengan harga Rp.49.500/Kg BB.

” Kapan pun peternak ini sudah siap panen, saya tadi sudah DP atau bayar dimuka 100 ribu untuk mengikat itu,  mulai besok kita akan bawa 40 ekor sapi sekitar  3 mobil ke Jakarta, “ jelas Harry.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nasrullah menegaskan jajarannya sudah beberapa kali menjembatani pertemuan antara peternak dengan para asosiasi pedagang daging, dan kali ini pertemuan  dilakukan antara peternak di Jawa Timur dengan para pelaku pemotong daging dan pedagang, sehingga diharapkan nantinya dapat dilakukan kesepakatan jual beli.

BACA  Tangani Penyakit Lumpy Skin Disease Pada Sapi

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.