Untuk tahun ini, penerima BSU yang tidak memiliki rekening bank Himbara akan dibuatkan rekening baru di bank Himbara.

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menargetkan sampai akhir Oktober 2021 ini untuk menuntaskan penyaluran Program Bantuan Subsidi Upah/Gaji bagi Pekerja/Buruh (BSU) secara nasional di 34 provinsi dan 514 kota/kabupaten. Sampai akhir September 2021 sudah 6,69 juta pekerja dari target sebanyak 8,8 juta yang menerima subdisi gaji tersebut.

Total anggaran yang disediakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KC-PEN) untuk Program BSU pada tahun ini sebesar Rp8,7 triliun bagi 8.783.350 pekerja terdampak pandemi Covid-19.

Penyaluran BSU Rp1 juta kepada 6,69 juta pekerja tersebut telah dicairkan pada pada tahap 1, 2, 3, 4, dan diberikan dalam dua skema. Sebelumnya, bantuan subsidi gaji tahap 1 diberikan kepada 947.436 penerima, tahap 2 kepada 1.145.598 orang dan tahap 3 kepada 1.158.529 penerima, serta untuk tahap 4 sedang disalurkan secara bertahap oleh pemerintah ke masing-masing rekening penerima, kemduian untuk tahap 5 sedang dalam proses penetapan penerima BSU dan akan segera dicairkan ke masing-masing rekening penerima.

BACA  Dikenalkan Upacara Minum Teh Patehan & Jemparingan

“Kita prioritaskan penerima BSU ini tidak menerima program lain, sehingga ada pemerataan penyaluran berbagai bantuan pemerintah yang telah dikeluarkan oleh pemerintah,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Apa saja yang menjadi syarat bagi penerima subsidi gaji atau upah ini?

  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan nomor induk kependudukan (NIK),
  2. Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) sampai Juni 2021,
  3. Mempunyai gaji/upah paling banyak sebesar Rp3,5 juta,
  4. Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan pemerintah,
  5. Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral BPJSTK).
BACA  PON XX Dongkrak UMKM dan Pariwisata Papua

Saat ini, Kemenaker tengah melakukan proses pencairan BSU untuk tahap 4 dan 5. Bagaimana cara mengeceknya?

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.