Dari 4O pemilik akun Sistem Informasi Partai Politik, baru 16 yang menyatakan siap mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024. Penetapan peserta pemilu diumumkan 14 Desember.

Jakarta, tambahasil.com – Ancang-ancang menuju perhelatan Pemilu 2024 sudah dilakukan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi telah membuka pendaftaran bagi partai politik (calon) peserta Pemilu 2024 per hari Senin, 1 Agustus 2022. Pendaftaran itu akan dibuka sampai 14 Agustus 2022 di Kantor KPU Pusat, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Pada hari pertama, ada sembilan partai yang sudah dijadwalkan datang untuk menyerahkan berkas-berkas dokumen pendaftaran. Pagi itu, kesempatan pertama diberikan kepada PDI Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Keadilan dan Persatuan (PKP). Sejak pagi, sejumlah kader partai telah datang,halaman KPU pun penuh.

Pukul 08.00 WIB, rombongan pertama muncul, yakni dari PDIP, dipimpin Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Sejumlah pimpinan partai menemani Hasto yang datang dengan arak-arakan bertema “Adat Nusantara”. Barisan panjang pendukung partai tersebut berjalan kaki dari Kantor Pusat PDIP di Jl Diponegoro, menempuh jarak sekitar 1,5 km. Kemacetan tak terhindarkan.

BACA  Sofyan Djalil; Mafia Tanah Tidak Boleh Menang

Ketika delegasi PDIP masuk ke Gedung KPU, giliran delegasi PKS muncul. Rombongan dari partai itu dipimpin langsung Presiden PKS Ahmad Syaikhu serta Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi. Di halaman Gedung KPU, mereka disambut prosesi adat palang pintu khas Betawi yang dibawakan kadernya sendiri. Dua pesilat beraksi diselingi baku lempar pantun-pantun jenaka di antara keduanya. Derai tawa membahana.

Keriuhan terus berlanjut. Lewat pukul 09.00, massa pendukung Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) dan Partai Bulan Bintang (PBB) tumpah ruah di depan kantor KPU RI. Massa PBB datang lebih dulu dengan pakaian serba putih sambil mengusung panji-panji partai. Mereka berkerumun dan melantunkan salawat dalam iringan suara angklung.

BACA  Alumni Program Kartu Prakerja Akan Dibantu Pembiayaan UMKM

Tak lama berselang, massa pendukung Prima yang berpakaian serba biru datang dengan membawa mobil komando lengkap dengan sound system-nya. Seorang kader berpidato membakar semangat di atas mobil. Suara pidato dan lantunan salawat meluncur beriringan. Kontan, Jl Imam Bonjol menjadi macet.

Para pimpinan partai terus datang dan pergi. Sampai pendaftaran ditutup pukul 16.00, sudah ada sembilan partai yang datang mendaftarkan dan menyerahkan dokumen persyaratannya. Rupanya, dokumen itu langsung diperiksa oleh KPU. Badan pelaksana pemilu itu memastikan, apakah dokumen partai-partai itu sudah memenuhi kelengkapan administratif yang disyaratkan.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.