Persoalan Covid-19 bukan semata urusan penanganan kesehatan, melainkan juga menjaga agar perut rakyat tidak lapar. Keselamatan rakyat adalah yang utama.

Jakarta, tambahasil.com – Pembatasan mobilitas di tengah pandemi Covid-19 berdampak pada aktivitas ekonomi masyarakat. Untuk memberikan bantalan terhadap dampak yang ditimbulkan, pemerintah mengucurkan lebih banyak lagi bantuan sosial.

Mulai 2021, sejumlah program perlindungan sosial (perlinsos) semakin diperluas cakupannya. Persoalan Covid-19 bukan semata urusan penanganan kesehatan, melainkan juga menjaga agar perut rakyat tidak lapar. Keselamatan rakyat adalah yang utama.

Demikian prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam mengatasi berbagai dampak dan imbas akibat pandemi Covid-19 yang melanda tanah air sejak Maret 2020.

BACA  Ledakan Omicron Polanya Melandai Setelah 33 Hari

Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako, diskon listrik, subsidi gaji, bantuan produktif usaha mikro, bantuan sosial tunai, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, dan program kartu prakerja terus digelontorkan. Terutama PKH yang diperluas cakupannya berdasarkan indeks kebutuhan keluarga penerima manfaat (KPM). Tidak lagi disamaratakan seperti sebelumnya.

Kemudian, subsidi kuota internet untuk daerah-daerah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dimaksimalkan bagi tenaga pendidikan, murid, mahasiswa, guru, dosen agar mereka tetap menjalankan aktivitas belajar-mengajar. Jika program ini tidak dilakukan, masa depan generasi penerus bisa terancam.

Program Perlinsos menjadi salah satu bantalan sosial dari pemerintah agar ekonomi masyarakat tidak terpuruk. Hal tersebut tertuang dalam laporan “Capaian Kinerja 2021, Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh¬†yang diluncurkan tepat pada dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wapres Ma’ruf Amin, Rabu (20/10/2021).

BACA  Disalurkan ke 2,1 Juta Penerima Bantuan Subsidi Upah/Gaji Tahun 2021

Berdasarkan data dari Kementerian Keuangan, realisasi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sektor perlindungan sosial per 8 Oktober 2021 adalah kartu sembako dengan 17,2 juta KPM, bantuan pedagang kaki lima (PKL) bagi 26.295 usaha, subsidi listrik untuk 60,1 juta penerima, serta bansos beras bagi 28,8 juta KPM.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.