Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan Portal Geologi Indonesia. Masyarakat bisa mengakses ribuan publikasi dan 4.756 peta-peta geologi dan geofisika dalam berbagai tema dan skala.

Jakarta, tambahasil.com – Masyarakat tak lagi harus mengangkat dan membuka buku besar peta geologi Indonesia.

Data dan informasi kegeologian yang sebelumnya tersimpan dalam bentuk fisik/hardcopy di perpustakaan geologi, telah dikonversi dalam bentuk digital dan terhubung secara online dalam bentuk website (portal). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Jumat, 28 Januari 2022 melakukan ”Peluncuran Portal Geologi Indonesia”.

Guna memudahkan dan mempercepat pelayanan informasi kegeologian di Indonesia kepada masyarakat serta stakeholder, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), meluncurkan portal Geologi Indonesia. Inovasi ini merupakan transformasi pelayanan publik dalam bentuk penyediaan informasi.

BACA  Membuka Wilayah Indonesia Pada Dunia Luar Di Masa Pandemi

“Perkembangan teknologi dan informasi mempermudah proses digitalisasi pelayanan publik yang berkualitas. Portal Geologi Indonesia merupakan bagian dari transformasi pelayanan publik dalam bentuk penyediaan informasi leksikon stratigrafi, cekungan sedimen, warisan geologi, dan peta-peta di seluruh Indonesia,” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, saat meluncurkan Portal Geologi Indonesia, Jumat (28/1/2022).

Kementerian ESDM, lanjut Arifin, memiliki amanah untuk menjamin ketersediaan energi dan sumber daya mineral dalam pembangunan nasional. Selain itu, Kementerian ESDM melalui Badan Geologi menyediakan pelayanan data dan informasi survei geologi dan geofisika, serta melakukan penyelidikan dan pemetaan untuk menghasilkan data, informasi, dan peta-peta dalam berbagai tema dan skala.

Peran pelayanan publik semakin penting dalam menunjang pembangunan infrastruktur nasional yang saat ini sedang dilakukan secara masif. Dalam portal Geologi Indonesia terdapat informasi terdiri dari geoheritage/warisan geologi, leksikon stratigrafi, sedimentary basin/cekungan sedimen dan geomap.

BACA  Surat Rekomendasi Program Jaminan Persalinan

Warisan geologi adalah warisan bumi yang memiliki aspek ilmiah, keunikan, kelangkaan, dan keindahan, yang menjadikan objek warisan geologi sebagai komponen penting untuk membangun daerah secara berkelanjutan melalui konsep geopark, dengan memanfaatkan situs warisan geologi untuk kegiatan penelitian, edukasi dan pariwisata.

Leksikon stratigrafi menyajikan data dasar informasi 1.856 unit satuan litostratigrafi di seluruh Indonesia yang berasal dari peta geologi yang telah terbit. Untuk melihat sebaran unit satuan litostratigrafi tersebut dalam tampilan geospasial, publik dapat membuka geomap.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.