Jakarta, tambahasil.com – Pandemi Covid-19 telah menekan berbagai sektor, namun demikian terdapat peluang usaha yang menjanjikan salah satunya dalam sektor kelautan dan perikanan, yakni budidaya ikan hias. Selain menarik, budidaya ikan hias dapat membantu melepas penat hingga meraup keuntungan besar.

Dalam rangka meningkatkan usaha produktif budidaya ikan hias, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) melalui Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Tegal bekerja sama dengan Komunitas Tegal Guppy Team (TGT), menyelenggarakan Tegal Guppy Show II Tingkat Nasional, pada 13 Februari 2022, di Mall Ikan Komplek BPPP Tegal.

Melalui sambutannya, Plt. Kepala BRSDM, Kusdiantoro, menerangkan bahwa budidaya ikan hias terutama guppy ini layak dijadikan komoditas primadona karena memiliki berbagai keunggulan seperti sistem budidaya yang tidak memerlukan lahan yang luas, nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan konsumsi, serta perputaran dana yang lebih cepat dalam usaha sehingga pelaku usaha dapat lebih cepat dalam pengembalian modal.

BACA  Aplikasi Si Kepiting Memudahkan Pembudidaya

“Animo kegiatan ini cukup besar. Kontes ini tentunya bukan sekedar mengumpulkan berbagai strain guppy, tapi bagaimana menggaungkan edukasi kepada masyarakat luas untuk melihat peluang usaha di tengah pandemi ini. Tak hanya menarik, guppy juga menjadi komoditas yang diminati pasar nasional maupun global,” ucap Kusdiantoro.

Selain menggenjot dari sisi produksi, melalui kontes ini pihaknya berharap dapat menciptakan multiplier effect kepada BPPP Tegal, Komunitas Guppy hingga para penghobi maupun pembudidaya untuk dapat mengembangkan varian guppy yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Selain dapat meningkatkan pendapatan, strain yang beragam dapat mendongkrak nilai ekspor nasional.

Kusdiantoro juga mendorong agar kontes-kontes semacam ini dapat berlangsung secara berkelanjutan dengan memanfaatkan aset-aset yang dimiliki BRSDM. Salah satunya yakni Mall Ikan Tegal milik BPPP Tegal yang berfungsi untuk memfasilitasi pemasaran dan memberikan edukasi dalam rangka menjalankan fungsi pelatihan dan penyuluhan dalam menunjang peningkatan perekonomian masyarakat kelautan dan perikanan.

BACA  KKP Sidak Pasar Tradisional di Kabupaten Bogor

“Sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan BLU (Badan Layanan Umum), BPPP Tegal diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” tegasnya.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.