Medan, tambahasil.com – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) terus memantau ketersediaan bahan pangan pokok di pasaran. Salah satunya dilakukan di Kota Medan, Sumatera Utara, untuk memastikan bahwa ketersediaan bahan pangan pokok masyarakat dalam kondisi yang aman. Di Medan, salah satunya selain mengunjungi sejumlah pasar tradisional, jajaran Ditjen PSP Kementan juga menggelar kolaborasi dengan pemerintah daerah setempat dengan mengadakan Pasar Mitra Tani yang digelar di Lapangan Pertiwi Kelurahan Brayan, Kec Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, menyediakan pangan bagi seluruh rakyat merupakan salah satu tujuan pembangunan pertanian yang dipikul oleh Kementerian Pertanian. Oleh karenanya, ketersediaan pasokan pangan tak boleh terganggu sama sekali, terlebih pada masa Ramadan dan jelang Idul Fitri seperti saat ini.

“Pangan rakyat tak boleh terganggu. Kami menjamin tak boleh ada satu orang pun rakyat yang pangannya tak tersedia. Oleh karenanya, saya meminta seluruh jajaran saya untuk memastikan hal tersebut dan melihat lebih dekat dengan turun ke lapangan,” kata Mentan SYL.

BACA  Pemanis Kepada Pelaku Komoditas CPO

Direktur Jenderal PSP Kementan, Ali Jamil mengucapkan Terima kasih banyak kepada pihak terkait terutama Gubernur Sumut dan jajarannya, Walikota Medan beserta jajarannya yang telah ikut andil menyukseskan perhelatan persembahan untuk rakyat tersebut. Kementerian Pertanian, kata Ali, memiliki komitmen tinggi dalam menjaga ketersediaan 12 bahan pangan pokok, khususnya menjelang Lebaran. Salah satu langkah yang diambil adalah telah dilakukan peninjauan sejumlah pasar di Kota Medan dan memastikan ketersediaan kebutuhan mendasar masyarakat tersedia dgn harga terjangkau.

“Ini adalah arahan bapak Menteri Pertanian bapak Prof. Syahrul Yasin Limpo. Memantau kebutuhan masyarakat bukan hanya tugas pusat aja. Ini harus dilakukan oleh semua elemen. Nah hasilnya, dari hasil pantauan kami, secara umum stok atau ketersediaan 12 bahan pangan pokok secara umum dalam kondisi aman, meskipun didapati harga minyak goreng yang masih fluktuatif,” papar Ali. Selanjutnya, Ali menegaskan, Kementerian Pertanian bekerjasama dengan lintas sektor lingkup Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara serta distributor-distributor 12 bahan pangan pokok di Medan dalam memperlancar supply barang di pasar hingga ke masyarakat, sehingga kebutuhan bahan pokok tidak terkendala sampai Idul Fitri 1443 H.

BACA  Inovasi Tata Kelola Dari Kolaborasi Antarkementerian

“Nah, Pasar Mitra Tani adalah bentuk eksekusi di lapangan yang langsung menyentuh masyarakat tercinta. Kita bisa lihat sendiri antusias masyarakat dengan Pasar yang memang harganya langsung harga distributor. Semoga saja dengan event yang konsisten seperti ini bisa menjaga ketersediaan bahan pokok tersebut juga sekaligus diharapkan fluktuasi harga dapat dikendalikan,” harap Ali.

Lebih lanjut Ali menjabarkan, Pasar Mitra tani yang diadakan ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu bentuk perhatian dari pemerintah/negara untuk mendekatkan lagi bahan pangan pokok ini kepada masyarakat, sehingga masyarakat mudah untuk menjangkaunya.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.