Papua, tambahasil.com – Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo alias SYL mengatakan pihaknya akan berkomitmen mendorong peningkatan aspek pertanian di Tanah Papua. Sekaligus juga mendorong Papua untuk mencetak lebih banyak SDM pertanian unggul yang siap menjadi wirausaha muda.

Hal tersebut perlu dilakukan mengingat Papua adalah daerah subur dengan lahan pertanian yang belum tergarap secara maksimal. Maka, peluang ekspor juga terbuka lebar.

“Saya melihat bahwa Papua adalah daerah yang hebat. Ayo kita bersama-sama bertani, karena Tuhan menciptakan tanah Papua ini luar biasa. Mataharinya bersinar, airnya mengalir, tanahnya subur. Jangan pulang jika tidak ada sesuatu yang kamu buat di Papua,” kata Mentan kepada para Dirjen dan masyarakat Papua saat melakukan kunjungan kerja terkait pembukaan pelatihan bimbingan teknis (bimtek) wirausaha petani millenial.

BACA  PON XX Digelar Dengan Kehadiran Penonton Yang Sudah Tervaksinasi

Ia menjelaskan, bahwa pertanian bisa menjadi pilihan utama karena bertani itu sesuatu yang hebat dan bertani itu sesuatu yang pasti. Terbukti, sektor pertanian adalah sektor yang tangguh karena disaat dunia terguncang akibat pandemi covid-19, namun sektor pertanian tetap tumbuh dan bahkan mampu menjadi penyumbang terbesar untuk pemulihan ekonomi nasional.

Tahun lalu ekspor pertanian Indonesia naik 15% pada masa pandemi covid-19. Kemudian, pada kuartal 1 Januari sampai April tumbuh sekitar 40%.

“Kalau ibarat emas, tambang itu 24 karat sedangkan pertanian itu 100 karat yang ada di depan kita, dan pertanian itu adalah lapangan kerja yang selalu terbuka,” ucap Mentan SYL.

SYL berharap, petani millenial serius mengikuti bimtek untuk meningkatkan kualitas dalam kemajuan pertanian di tanah Papua ini. Selain itu, ia juga meminta kepada seluruh jajaran Eselon I lingkup Kementan untuk melihat tanah Papua yang perlu dikembangkan, baik itu hortikultura, perkebunan dan peternakan.

BACA  Mewujudkan Hutan Sagu Papua Barat Menjadi Lahan Agrowisata

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.