Ilustrasi. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila seperti gotong royong dapat menjadi dasar rekomendasi yang dihasilkan dari G20. ANTARA FOTO

Nilai dasar Pancasila bisa diperkenalkan Indonesia ke tataran internasional lewat V20. Dalam menghadapi pandemi, dunia harus bersatu, saling membantu, dan berkolaborasi sehingga mendorong peningkatan pemahaman mengenai inklusivitas.

Jakarta, tambahsil.com – Presidensi G20 Indonesia 2022 menjadi peluang mengenalkan nilai-nilai kebaikan yang hidup di tanah air. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila seperti gotong royong dapat menjadi dasar rekomendasi yang dihasilkan dari G20.

Salah satu kelompok yang peduli pada nilai-nilai yang hidup di masyarakat tersebut adalah The Value Group (V20). Sebagai komunitas global yang terdiri dari para pakar dan praktisi, V20 tahun ini merekomendasikan kebijakan untuk rangkaian kegiatan Presidensi G20. V20 menggunakan pendekatan model sustainability compass.

Pendekatan dari compass education ini mengedepankan keseimbangan antara alam (nature), ekonomi (economy), kesehatan jiwa raga dan kesejahteraan (wellbeing), dan masyarakat (society).

BACA  Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022 Dibuka 9 April

“V20 juga akan mengusulkan satu set nilai untuk komunitas G20, berdasarkan tema dan prioritas strategis G20 2022, deklarasi G20 lima tahun terakhir, serta pemahaman umum atas pertumbuhan kedewasaan bangsa-bangsa dalam lingkup G20,” kata V20 2022 Co-Sherpa Makarim Wibisono dalam keterangan pers secara virtual, Selasa (25/2/2022).

Sebelumnya V20 Summit telah sukses digelar di G20 Saudi Arabia pada 2020 dan G20 di Italia pada 2021. Pada tahun ketiga penyelenggaraannya, V20 Summit 2022 akan diadakan pada 20-21 Oktober 2022 di Bali. Nenilai dipercaya sebagai penyelenggara.

Nenilai sendiri merupakan sebuah gerakan yang diprakarsai dan digagas oleh Dayalima Abisatya bersama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Bappenas, Indika Energy, Pantarei Communications, dan Stoik Trisula.

BACA  Presiden Joko Widodo Menerima Kunjungan Kehormatan Menlu Malaysia

Sebelumnya, pada 2 Juli–31 Desember 2020, Nenilai telah melakukan sebuah Survei Nilai Nasional kepada 50.542 responden yang berusia minimum 15 tahun, dari seluruh Indonesia. Survei daring ini dilakukan sebagai proses identifikasi atas nilai-nilai hidup yang dianggap penting secara individual maupun bersama secara bersama.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.