Jakarta, tambahasil.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak masyarakat untuk selalu mengonsumsi ikan. Selain bagus bagi kesehatan, ikan juga menjadi sumber protein penting guna menyiapkan generasi tangguh dan unggul.

“Makan ikan penting untuk masa depan bangsa, itulah kenapa di momen hari ikan nasional (Harkannas) tahun ini kita mengusung tema Ikan untuk Generasi Tangguh dan Unggul,” ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti saat berbicara tentang Harkannas 2021, Minggu (21/11/2021).

Artati menambahkan, tema tersebut sengaja dipilih dengan harapan bahwa ikan dapat menjadi sumber protein utama  dan asam lemak Omega 3 dalam peningkatan kualitas generasi penerus, tidak hanya untuk Bangsa Indonesia, tapi juga untuk seluruh dunia.

BACA  Pemerintah Dorong Pengembangan Industri Budidaya Lele Berkelanjutan Untuk Ekspor

Adapun KKP, akan terus menggencarkan Gerakan Memasyakatkan Makan Ikan (Gemarikan) guna memerangi stunting atau masalah kesehatan lainnya yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis.

“Kita satu nafas dengan agenda pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kita optimis, dengan asupan bahan pangan bergizi seperti ikan, kita bisa mewujudkan hal tersebut,” sambungnya.

Dikatakannya, saat webinar beberapa waktu lalu, Praktisi Nutrisi Dr Raissa Edwina Djuanda menyebut sebuah penelitian tahun 2004 yang mengungkap fakta orang yang mengongsumsi ikan 1 kali per pekan memiliki risiko kematian akibat cardiovascular disease (CVD) 15% lebih rendah dibanding yang tidak mengonsumsi ikan. Sementara pada kajian lain tahun 2010 disebutkan bahwa konsumsi makanan laut yang cukup di masa kanak-kanak telah terbukti membantu perkembangan saraf, kognitif dan visual.

BACA  Pelatihan Pembuatan Onde-Onde Ikan dan Pelatihan Pembuatan Ikan Nila Saus Pasaman

“Kita akan terus mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan. Jadi mari, nikmati momen Harkannas tahun ini dengan makan ikan bersama keluarga, teman atau sahabat,” jelasnya.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Website Protected by Spam Master