Jakarta, tambahasil.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara kembali melakukan terobosan untuk mendorong pemberdayaan ekonomi lokal. Tahun ini, BBPBAP Jepara akan mulai menggarap model pengembangan usaha budidaya bandeng berbasis klaster secara terpadu. Sebelumnya KKP melalui BBPBAP Jepara menetapkan Kabupaten Jepara sebagai salah satu sasaran program prioritas nasional di bidang perikanan budidaya.

Kepala BBPBAP Jepara, Sugeng Raharjo dalam penjelasannya di Jepara mengungkapkan bahwa pihaknya sangat pro aktif dalam mendorong optimalisasi potensi nilai ekonomi sumber daya perikanan budidaya di wilayah binaan. Sugeng membeberkan, bahwa khusus untuk Kabupaten Jepara, pihaknya telah mendorong untuk menjadikan Jepara sebagai salah satu lokus program prioritas nasional.

BACA  Kegiatan Pelatihan Aspirasi Budidaya Ikan Nila Sistem Bioflok

“Jepara ini punya potensi tambak yang cukup luas, terutama tambak-tambak idle dan ini bisa kita optimalkan lebih produktif. Komoditas bandeng saya kira jadi alternatif yang akan kita inisiasi pengembangannya. Tahun ini kita akan mulai fokuskan dengan penerapan model klaster di Kecamatan Donorojo. Saat ini sudah mulai on progres terutama terkait dengan perencanaan baik teknis maupun kajian model bisinisnya,” jelas Sugeng.

Di depan Bupati Jepara, Dian Satriadi, saat kunjungan ke BBPBAP Jepara beberapa hari lalu, Sugeng juga berharap ada komitmen dan tanggungjawab untuk berkolaborasi mengembangkan ekonomi lokal berbasis perikanan budidaya. Menurutnya, KKP akan all out mendukung program program di daerah selama ada komitmen tinggi dari Pemda terutama berkaitan dengan fasilitasi kemudahan akses yang dibutuhkan termasuk aspek regulasi yang pro terhadap iklim usaha budidaya.

BACA  Pencegahan dan Pengendalian Penyebaran Penyakit Dengan Musnahkan Ribuan Ikan

“Kami punya inovasi, punya konsep dan saya kira ini mesti kita elaborasi dengan kerja sama yang kuat dengan Pemda dalam hal ini Dinas Perikanan dan Bappeda. Mari kita keroyok bareng-bareng agar betul-betul inovasi ini bisa bermanfaat bagi ekonomi masyarakat dan daerah. Kami sejak dulu punya komitmen dan terus berupaya mendorong potensi Jepara ini bisa dioptimalkan,” tegasnya.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.