Puluhan masyarakat Sota, Merauke, menanam emas hijau (vanili) sebagai komoditi baru. Harganya stabil dan sangat menjanjikan.

Merauke, tambahasil.com – Pada siang itu, Musa Dimar, warga Kampung Sota, Kabupaten Merauke, Papua sedang membersihkan salah satu kebunnya yang berukuran 50 x 50 meter persegi yang terletak di belakang rumahnya.

Sepetak kebun itu tampak bersih karena setiap daun jatuh, dia ambil dan dimasukkan ke kotak kayu, sebagai pembatas pangkal pohon vanili. Kotak papan berukuran panjang 1 cm, lebar 50 cm, dan tinggi 20–30 cm itu berjajar rapi, berjarak semeter antarpetak. Kotak-kotak itu ia isi dengan tanah humus, kohen (kotoran hewan), dan daun-daun yang rontok dari pohonnya.

BACA  Pengendalian Pandemi Dorong Peningkatan Kinerja Industri Manufaktur

Kebun itu ditanami pohon gliresidaDalam bahasa local disebut pohon gamal. Pohon-pohon gamal itu tumbuh subur dan dipakai sebagai tegakan sekaligus rambatan tanaman vanili. “Akar vanili itu berada di atas tanah, sehingga perlu dilindungi dengan daun-daun supaya terjaga kelembabannya,” kata Musa.

Kampung Sota, berada di dalam Taman Nasional Wasur, Papua. Warga menggantungkan hidup pada hasil bumi secara tradisional seperti keladi, pisang, sagu, petatas, jagung, nangka, mangga, nenas, dan ketela pohon. Juga berbagai sayuran, seperti kol, sawi, tomat, dan cabai.

Kampung Sota berada tidak jauh dari Titik Nol Kilometer batas negara Indonesa dan Papua New Guinea (PNG) di Sota. Musa, lelaki umur 50 tahun itu memelihara tanaman vanili dengan tekun. Setiap hari dirinya membersihkan kebun dan mengawinkan vanili. Maklum vanili tidak mampu melakukan penyerbukan sendiri.

BACA  Kekayaan Alam Merauke Musamus dan Kanguru Mini Diperkenalkan Dalam PON

Kini, ada puluhan pohon vanili milik Musa yang tengah berbuah. Ada yang sudah tua, masih muda, bahkan ada yang masih berbunga. Setiap dua hari sekali Musa menyiram tanaman vanili dengan air sumur dari samping rumahnya.

Musa bertutur, ia tertarik menanam vanili karena sebelumnya sering diminta tolong pedagang Merauke mencari vanili ke sebelah. Sebelah adalah istilah kampung di luar perbatasan atau wilayah PNG yang letaknya tak jauh dari tempat tinggalnya.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.