Jakarta, tambahasil.com– Bagaimana jadinya jika perayaan dua momen penting diselenggarakan bersama? Tentunya akan meriah sekali. Itulah yang terjadi pada 17 November 2021 lalu. Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2021 dan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan (DWP), Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan dan Perikanan (BRSDM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) punya “hajat” besar. Tapi jangan salah, kegiatan ini bukan sekedar kegiatan hura-hura, melainkan Bakti Sosial dan Bazaar Murah Produk Perikanan bertema “Serba Ikan Bikin Ceriakan Harimu”.

Puluhan stand bazaar berderet rapi di tempat parkir kantor BRSDM Ancol, Jakarta Utara. Berbagai produk perikanan terpajang menarik. Bukan hanya ingin menggaet hati pembeli, rupanya para peserta bazaar juga ingin menarik hati dewan juri, karena ada penilaian stand terbaik, tentunya dengan hadiah menarik. Dagangan laris manis dan memenangkan stand terbaik harapan para peserta dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) itu.

BACA  KKP Menerbitkan Petunjuk Teknis Bantuan Pemerintah TA. 2022

Sebagian besar stand bazaar menyajikan produk perikanan, baik ikan segar maupun produk olahan yang beraneka macam jenisnya. Sebagian lainnya menyajikan produk non perikanan dan produk non pangan, seperti pakaian.

“Boleh kakak, bajunya bagus-bagus, ada daster, kerudung, pakaian anak, dan lain-lain juga,” seru salah satu peserta bazaar.

“Yang ini berapa bu?” tanya seorang pengunjung menunjuk ke salah satu pakaian yang dipajang.

Hal lain yang tak kalah meriah adalah lomba masak berbahan baku ikan. Beragam masakan yang enak dan menarik menggugah selera. Para peserta berlomba untuk menyajikan menu terbaiknya.

Suasana menjadi haru saat acara penyerahan santunan biaya pendidikan. Puluhan anak berdasarkan kelompoknya masing-masing maju satu per satu ke atas panggung menerima biaya pendidikan dan bingkisan. Mereka adalah anak-anak yatim, anak-anak pegawai Golongan I dan II, pramubakti, dan petugas keamanan lingkup Satuan Kerja BRSDM II.

BACA  Balai Benih Ikan Sukabumi Demonstrasi Pembesaran Anakan Sidat

Plt. Kepala BRSDM Kusdiantoro menyambut baik terselenggaranya acara yang diinisiasi oleh Ibu-ibu DWP lingkup BRSDM. Ia menuturkan, seorang ibu berperan penting sebagai agen kesehatan keluarga dalam menyiapkan konsumsi ikan lokal di meja makan, serta menjadikan ikan sebagai menu utama keluarga.

“Para ibu berperan penting dalam pemenuhan gizi keluarga. Terlebih pada masa pandemi, ikan mengandung Omega 9 yang dapat mencegah dan mengurangi inflamasi atau peradangan yang disebabkan oleh virus corona. Kandungan vitamin dalam ikan juga sangat lengkap, mulai dari vitamin A, B6, B9, B12,C, D dan vitamin E. Di samping itu, mengonsumsi ikan dapat disesuaikan dengan kondisi ekonomi keluarga, karena ikan memiliki beragam jenis dan harga,” terang Kusdiantoro.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Website Protected by Spam Master