Merauke, tambahasil.com – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyaksikan panen raya padi yang dilakukan petani di Kabupaten Merauke. Dalam kunjungan ini, Kementerian Pertanian (Kementan) juga menyalurkan bantuan untuk sektor pertanian TA 2021 dengan nilai mencapai 19,43 miliar.

“Bapak Bupati lahanmu ini bagus sekali dan saya bersyukur kita bisa bertemu dalam situasi seperti ini. Bertani itu membutuhkan kesabaran, ketenangan untuk memikirkan kenapa matahari kita sama dimana-mana dengan daerah lain seperti Jawa, air kita juga sama, kalo begitu kenapa orang disana bisa lebih cepat. Nah itu kan tantangannya dan saya bersama Bapak Bupati, TNI, Komisi IV siap untuk membackup ini,” ucap Mentan SYL saat memberikan arahan usai menyaksikan panen padi di Distrik Tanah Miring, Merauke, Jumat (3/9/21).

BACA  Pertanian Mampu Jadi Tulang Punggung Perekonomian Nasional

SYL meminta Merauke melakukan cluster pada setiap lahan pertanian yang ada dengan pengembangkan diversifikasi komoditas tanaman hortikultura maupun perkebunan seperti melakukan tumpang sari padi dengan pisang, jagung, kelapa, kopi dan lainnya. Hal ini juga bertujuan membangun ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

“Jadi nanti petani bisa panen jagung, bisa panen pisang. Jika misalnya dalam setiap 1000 hektare padi misalnya kita tumpang sari kan dengan kelapa, ujungnya kan bisa menjadi pabrik sabuk, tempurung, vco, nata de coco. Jadi dalam satu hamparan kita konsentrasikan dan rencanakan bersama,” sebutnya.

Di sisi lain, SYL juga menerangkan terkait ketersediaan pupuk subsidi. Dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) itu, kebutuhan pupuk bersubsidi mencapai 24 juta ton. Namun kemampuan pemerintah untuk menyediakan pupuk bersubsidi hanya mencapai 9 juta ton sehingga menyebabkan kurangnya stok pupuk bersubsidi.

BACA  Tumbuh dan Tangguh, Presiden Jokowi Puji Sektor Pertanian Pada Merdeka Ekspor

“Jadi memang jauh sekali dari 24 juta ke 9 juta ton. Tetapi hari ini kalau 13 ribu ton saja yang masuk ke Merauke, tambahi lagi lah Pak Dirjen PSP, jangan buat malu saya dan bapak Bupati,” tuturnya.

“Jadi apa yang diminta Pak Bupati hari ini, saya berikan. Kita bangun RMU modern dan kita tambah alokasi pupuk untuk Merauke. Saya sangat bangga dengan semangat Pak Bupati, kita bisa sama-sama memajukan pertanian di Papua ini,” tambah SYL.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.