Mengantisipasi kepadatan arus mudik di Jawa, pemerintah menyediakan 96 tempat istirahat dan pelayanan di ruas jalan tol.

Jakarta, tambahasil.com – Sekitar 80 juta orang diperkirakan akan mudik merayakan Hari Raya Idulfitri 2022 di kampung halaman. Sedikitnya 40 juta orang akan menggunakan jalan darat dengan mobil dan sepeda motor.

Jalan tol Trans Jawa, jalur lintas pantura, Tol Cipularang, jalur Pantura, jalan tol Trans Sumatera, dan beberapa ruas jalan lainnya diprediksi dipenuhi arus kendaraan. Puncak arus mudik bakal terjadi pada 29–30 April dan arus balik diperkirakan terjadi pada 8 Mei.

Untuk itu, pemerintah bukan saja mempersiapkan layanan seluruh moda transportasi, termasuk menyediakan pos kesehatan maupun menjaga titik-titik rawan kecelakaan, melainkan juga infrastruktur jalannya.

BACA  Pemerintah Bertekad Jaga Produktivitas Industri Tekstil & Produk Tekstil

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan jalan tol dan jalan nasional di Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan.

“Sekarang ini sedang dilakukan upaya-upaya dalam persiapan mudik Lebaran. Dua minggu yang lalu kami sudah mengumpulkan semua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) setelah Presiden Jokowi mengumumkan untuk memperbolehkan mudik. Semua Balai Jalan Kementerian PUPR juga sudah kami instruksikan untuk menyiapkan semua kesiapan di jalan nasional termasuk marka-marka jalan,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jumat (8/4/2022).

Menteri PUPR menuturkan, kini panjang jalan nasional nontol di Indonesia adalah 47.017 kilometer, dengan kemantapan 91,8 persen. Ruas jalan tersebut tersebar di wilayah Sumatra, sepanjang 7.918 kilometer (km), Jawa dan Bali sepanjang 5.348 km, Kalimantan sepanjang 6.556 km, Sulawesi sepanjang 8.785 km, serta Maluku dan Papua sepanjang 18.410 km.

BACA  Presiden Dorong Pengesahan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Adapun panjang jalan tol yang operasional di Indonesia adalah 2.500 km yang dikelola oleh 46 BUJT pada 66 ruas jalan tol. Berbagai ruas jalan tol itu berada di Pulau Sumatra sepanjang 691 km, Pulau Jawa sepanjang 1.640,4 km, Pulau Bali sepanjang 10,1 km, Pulau Kalimantan sepanjang 97,3 km, dan Pulau Sulawesi 61,5 km.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.