Jakarta, tambahasil.com – Masa Pandemi, membatasi masyarakat untuk keluar rumah. Agar waktu-waktu keseharian dapat dilalui dan tetap bugar, maka pilihan untuk menanam sayuran adalah salah satu pilihan baik yang bisa dilakukan di pekarangan rumah.

Budidaya hidroponik merupakan salah satu metode budidaya tanaman baik sayuran, buah tanpa mengunakan tanah sebagai media tanam melainkan memakai media air atau larutan mineral yang memiliki nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh tanaman.

Pada umumnya masyarakat terbiasa melakukan cocok tanam menggunakan model hidroponik mengetahui berbagai manfaat dan kelebihannya. Kami rangkumkan berberapa kelebihan penanaman menggunakan hidroponik.

  1. Bercocok tanam dengan model hidroponik sudah terbukti sangat hemat dan mampu untuk menekan biaya jika dibandingkan dengan menanam tanaman dengan cara konvensional dengan menggunakan tanah. dengan menggunakan hidroponik juga anda tidak selalu menyiram air dan memberikan nutrisi pada tanaman karena sudah tertampung di wadah sehingga anda hanya perlu mengecek saja.
  2. Model hidroponik memaksimalkan lahan yang sangat terbatas dan dapat dibuat bertingkat.
  3. Model hidroponik ramah lingkungan karena tidak menggunakan pestisida atau obat – obat lain untuk mengusir hama yang dapat merusak media tanam.
  4. Hasil dari tanaman hidroponik dapat dimakan semua sampai dengan bagian akar karena memang sudah terbebas dari kotoran dan hama.
  5. Pemeriksaan bagian akar tanaman secara berkala untuk melihat pertumbuhannya dapat dilakukan sewaktu-waktu.
  6. Pertumbuhan tanam lebih cepat dengan kualitas yang dapat di kontrol
  7. Metode hidroponik, tidak mengenal musim
  8. Pola Hidroponik dapat mengurangi pemakaian pupuk.
  9. Lingkungan sekitar penanaman hidroponik lebih bersih.
  10. Model hidroponik relatif jarang bermasalah dengan hama dan penyakit tanaman seperti bakteri, ulat, cacing yang banyak sekali terdapat di tanah.
BACA  Mewujudkan Hutan Sagu Papua Barat Menjadi Lahan Agrowisata

Dengan memahami manfaat atau kelebihan dari penanaman tanaman dengan menggunakan hidroponik. Tidak perlu ragu untuk melakukan penanaman hidroponik. Sangat banyak manfaatnya baik untuk diri sendiri dan keluarga pada masa pandemi.

Mari kita wujudkan ketahanan pangan mandiri bagi keluarga sejahtera.

Lumbung Yusuf Indonesia

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.