Tercatat ada 1.668 proyek riset telah didanai sejak 2013 hingga akhir 2021. Kemudian, 1.578 riset di antaranya masih berlangsung (on going) dan 90 riset sisanya telah rampung atau selesai dilaksanakan.

Jakarta, tambahasil.com – Salah satu cara untuk mengejar pendidikan di bangku perguruan tinggi tanpa mengeluarkan biaya alias gratis adalah dengan memanfaatkan jalur beasiswa. Kini ada beragam lembaga yang menawarkan fasilitas beasiswa bagi putra-putri Indonesia untuk dapat mengenyam pendidikan di bangku perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri. Di antaranya, terdapat nama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Lembaga ini merupakan satuan kerja di bawah Kementerian Keuangan yang mengelola dana pendidikan seperti diamanatkan dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 252 tahun 2010. Kemudian dalam perkembangannya ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum (BLU) pada 30 Januari 2012 lewat Keputusan Menteri Keuangan nomor 18 tahun 2012.

BACA  Program Beasiswa Indonesia Maju

LPDP dikenal sebagai institusi paling sering ditunggu fasilitas beasiswanya oleh puluhan ribu calon penerima dari seluruh tanah air. Lantaran di dalam LPDP sendiri terdapat program layanan beasiswa berupa Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), Beasiswa Afirmasi, dan Beasiswa Presiden RI (BPRI).

Seluruh fasilitas beasiswa itu untuk mengakomodasi putra-putri Indonesia menempuh pendidikan di bangku magister dan doktoral, di perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Sejak 2013, LPDP telah menyalurkan beasiswa kepada 29.870 orang penerima. Dari jumlah tersebut, sebanyak 14.580 orang di antaranya sudah berstatus sebagai alumni atau telah menyelesaikan seluruh kewajiban pendidikannya.

Sebanyak 61,68 persen dari total alumni beasiswa LPDP ini atau berjumlah 8.260 orang telah bekerja di sektor publik. Mereka bekerja sebagai akademisi, peneliti, pegawai negeri sipil (PNS), dan anggota TNI/Polri. Sedangkan 4.780 alumni lainnya bekerja di sektor privat seperti perusahaan swasta dan badan usaha milik negara (BUMN) serta daerah (BUMD), dan menjadi pengusaha. Sebanyak 304 alumni LPDP kemudian bekerja sebagai pegiat di lembaga swadaya masyarakat (LSM).

BACA  Kebijakan PPKM Level 3 Seluruh Wilayah Indonesia Pada Akhir Tahun

Khusus untuk 2021, LPDP telah memberikan beasiswa pendidikan kepada 4.266 orang senilai total Rp1,8 triliun, terdiri dari beasiswa penuh untuk 4.249 orang dan beasiswa parsial bagi 17 orang serta beasiswa disertasi kepada 17 orang. Saat pandemi mulai merebak di 2020, LPDP hanya menyalurkan beasiswa untuk 680 orang.

Demikian disampaikan Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto, ketika mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (26/1/2022). Mantan Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu ini menambahkan, pada 2022, LPDP menargetkan penyaluran beasiswa kepada sekitar 4.000 orang. Selain itu, akan disalurkan juga beasiswa degree bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bagi 3.100 penerima.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.