Jakarta, tambahasil.com (6/8) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) semakin menggeber program peningkatan kewirausahaan (entrepreneurship) di sektor kelautan dan perikanan. Salah satunya, KKP menjaring 200 calon wirausaha baru yang diharapkan dapat menjadi penggerak usaha perikanan di berbagai wilayah.

Melalui kegiatan pra usaha dan pemagangan usaha yang diinisiasi Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), berhasil menjaring 200 calon wirausaha dari 800 pendaftar di seluruh Indonesia untuk diikutkan bimbingan teknis mulai Agustus hingga September nanti.

“Wirausahawan adalah tulang punggung perekonomian suatu negara,” tegas Dirjen PDSPKP, Artati Widiarti melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (6/8/2022).

Seorang wirausahawan, lanjut Artati, bukan hanya mencari dan menunggu peluang, tetapi menciptakan peluang. “Menjadi wirausahawan yang tangguh dan sukses, tentu tidak mudah, karena seorang entrepreneur dituntut untuk memiliki ide kreatif, inovatif, serta senang dengan terobosan,” ujar Artati.

BACA  Gagalkan Aksi Jual Beli Telur Penyu

Merujuk data Global Entrepreneurship Index (GEI) 2019, Artati menyebut Indonesia menempati ranking ke-75 dari 137 negara dalam hal indeks kewirausahaan. Di tingkat regional (ASEAN), Indonesia menempati peringkat ke-6, setelah Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, dan Vietnam.

“Indeks ini mencerminkan parameter dari kesehatan iklim wirausaha di sebuah negara. Hal ini menjadi tantangan Indonesia untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan agar mampu bersaing di tingkat Global,” terang Artati.

Artati berharap kegiatan ini bisa menjadi ruang pembelajaran bagi para peserta terpilih untuk memulai dan menjalankan usaha.

Senada, Direktur Usaha dan Investasi Ditjen PDSPKP, Catur Sarwanto memaparkan, 200 peserta yang mengikuti Bimtek selama 2 bulan berasal dari seluruh Indonesia. Nantinya mereka akan dibekali berbagai materi, baik teknis pengolahan maupun soft skill yang akan membantu dalam menjalankan usaha nantinya.

BACA  Dukungan Pinjaman Modal Bagi Pelaku Usaha Bidang Perikanan

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.