Setiap penukar uang kertas baru dibatasi hanya boleh menukarkan uangnya sebesar maksimal Rp3,8 juta dimulai dari nominal Rp1.000. Masyarakat juga bisa menukarkan uang tunai pada 5.013 titik penukaran uang pada 262 bank umum di seluruh Indonesia.

Jakarta, tambahasil.com – Kebutuhan akan uang tunai selama periode Ramadan dan Idulfitri selalu meningkat setiap tahunnya. Salah satunya dipakai untuk menghidupkan tradisi unik dalam setiap perayaan lebaran yaitu membagi-bagikan lembaran uang tunai baru kepada sanak saudara. Jika dihitung secara nasional, kebutuhan uang tunai jenis kertas yang diperlukan untuk mendukung tradisi unik ini jumlahnya sangat banyak, bisa mencapai triliunan rupiah.

Oleh karena itu, Bank Indonesia telah menyiapkan uang tunai layak edar dalam jumlah cukup dan higienis, yaitu sebesar Rp175,26 triliun untuk kebutuhan selama Ramadan dan Lebaran 2022. Demikian dikatakan Deputi Gubernur BI Aida S Budiman, dalam acara “Serambi Rupiah Ramadan 2022” yang diadakan otoritas bank sentral nasional tersebut secara daring di Jakarta, Senin (4/4/2022) seperti tercantum dari siaran pers Departemen Komunikasi BI.

BACA  Presiden Tiba di Tanah Air dan Karantina Mandiri di Istana Bogor

Angka penyiapan uang tunai sebesar itu untuk 2022 naik 13,42 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu dilakukan untuk memastikan kelancaran sistem pembayaran nasional, terutama memfasilitasi kegiatan perekonomian dan kebutuhan masyarakat.

Selain uang tunai, BI, menurut Aida, juga mendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara nontunai, antara lain, melalui kode QR Standar Indonesia (QRIS), uang elektronik, BI-FAST, dan digital banking yang dapat meminimalisir kontak fisik dalam bertransaksi. BI juga telah menyiapkan layanan penukaran uang tunai baru untuk kebutuhan Ramadan dan Idulfitri di 5.013 titik penukaran uang pada 262  bank umum di seluruh Indonesia sejak 4 April 2022 hingga 29 April 2022.

Jumlah itu diketahui meningkat delapan persen dibandingkan tahun sebelumnya. Masyarakat dapat mengetahui rincian lokasi bank tempat penukaran uang tunai baru dengan mengeceknya pada link berikut ini di https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Documents/sp_249622_Booklet-Titik-Penukaran-Uang-Rupiah-oleh-Perbankan.pdf.

Masyarakat juga akan diberikan kesempatan untuk menukarkan uang rupiah lamanya atau menukarkan uang tunai rupiah pecahan tertentu pada layanan mobil kas keliling BI yang sempat vakum selama dua tahun terakhir karena pandemi. Periode layanan penukaran uang rupiah lama dengan uang tunai baru pada mobil kas keliling BI yaitu 4–29 April 2022.

BACA  Angka Penularan Harian Corona Berada di Angka 194 Kasus

Tidak seperti sebelumnya, BI kini melakukan mekanisme khusus untuk menjaga tetap terjaganya protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona. Kali ini, BI meminta masyarakat untuk mendaftar melalui aplikasi PINTAR BI di https://pintar.bi.go.id sebelum mendatangi lokasi mobil kas keliling BI.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.