Penataan tahap pertama di tiga lokasi di Kota Kupang usai sudah. Tahap kedua pun dalam proses perencanaan dan diharapkan mulai dilelang tahun ini.

Jakarta, tambahasil.com – Kawasan Kota Lama Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) semakin enak dikujungi. Jalan-jalan sudah rapi, selokan-selokan air pun lancar. Adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menata kawasan itu. Penataan dilakukan di tiga lokasi secara bersamaan, yakni Kota Lama Kupang, Pantai Kelapa Lima, serta koridor tiga jalan Fran Seda dalam rangka mendukung kawasan pariwisata di NTT.

Pada Kamis, 24 Maret 2022, Presiden Joko Widodo meresmikan penataan tiga lokasi taman wisata dan kuliner di Pantai Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT. “Saya sangat terkesan dengan pembangunan kawasan ini,” katanya, saat secara simbolis meresmikan Pantai Kelapa Lima di Jalan Timor Raya, Kota Kupang.

BACA  Pelatihan Pengembangan Usaha Olahan Ikan di NTT

Joko Widodo mengapresiasi upaya dari Kementerian PUPR yang saat ini tengah mengembangkan air bersih di Kali Dendeng serta sekolah dan politeknik. Presiden berharap, penataan Kota Kupang tersebut akan mengubah wajah dan infrastruktur Kota Kupang menjadi lebih baik. “Kita harapkan juga akan mengubah wajah destinasi wisatanya dan membuat pengunjung makin senang dan nyaman berkunjung ke NTT, khususnya Kota Kupang,” tandasnya.

Usai meresmikan kawasan wisata itu, Jokowi kemudian langsung bertolak ke Pasar Penfui Kota Kupang, untuk berdialog dengan para pedagang di daerah itu. Kemudian dari Pasar Penfui, Presiden Jokowi langsung bertolak ke Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggunakan helikopter untuk meninjau program percepatan penurunan stunting di kabupaten itu.

Turut hadir Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, Wali Kota Kupang Jefirstson R Riwu Kore, Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man, Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman J Wahyu Kusumosusanto, dan Kepala BPPW NTT Normansjah Wartabone.

BACA  Afirmasi Bangga Buatan Produk Indonesia

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, penataan Kawasan Kota Kupang tersebar di tiga lokasi, yaitu Pantai Kelapa Lima, Kawasan Kota Lama atau Pantai Lai-Lai Bissi Kopan (LLBK), dan Koridor 3 Jl Frans Seda. Luasan kawasan yang dilakukan penataan adalah 5,19 Ha.

“Penataan tiga lokasi yang sudah selesai ini merupakan tahap pertama penataan Kota Kupang. Sementara itu, tahap kedua sudah dalam proses perencanaan dan diharapkan mulai dilelang pada tahun ini,” kata Diana.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.