Restorasi Infrastruktur Air di Kota Melayu Tua

Kanal-kanal tua di Candi Muaro Jambi akan digali lagi dan difungsikan sebagai transportasi air. Candi-candinya akan direstorasi. Jejak sejarahnya sebagai kota pelajar akan terus digali.

Jakarta, tambahasil.com – Didampingi Ibu Negara Iriana, Presiden Joko Widodo mengunjungi Situs Candi Kedaton di Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muaro Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Kamis, 7 April 2022. Situs Candi Muaro Jambi itu menjadi agenda utama kunjungan kerja Presiden ke Provinsi Jambi hari itu, terkait dengan program revitalisasi KCBN Muara Bungo sebagai situs sejarah yang penting untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Presiden Joko Widodo menyebut, Situs Muara Jambi dengan candi-candinya yang bercorak Budha Mahayana Tantrayana itu adalah tempat pendidikan, semacam kota pelajar pada abad 7–12 Masehi, dengan segala pasang surutnya. Pada era kejayaannya, menurut Presiden, di Muaro Jambi telah berdiri kompleks pendidikan terbesar se-Asia dengan ribuan siswa yang datang dari berbagai negeri.

BACA  Hilirisasi Industri Aluminium Terintegrasi & Berkelanjutan

‘’Ini sejarah yang perlu kita terus lestarikan agar jejak-jejak peradaban kita, di bidang pendidikan utamanya, dapat diketahui masyarakat secara luas. Bukan hanya generasi sekarang, juga generasi yang akan datang,” ujar Presiden Jokowi.

Pada masa itu, Kota Muaro Jambi sudah cukup kondang, setidaknya di Asia Tenggara, sebagai kampus besar dengan banyak pendeta-cendekia di dalamnya. Mereka mengajarkan berbagai cabang pengetahuan.

‘’Bukan hanya yang berkaitan dengan teologi, tapi di kawasan cagar budaya Muaro Jambi ini juga dulunya menjadi pusat pendidikan bagi kedokteran dan obat-obatan, filsafat, arsitektur, seni, dan masih banyak bidang lainnya,” Presiden Jokowi menambahkan.

Berkat kiprah kampus Muaro Jambi yang terletak di tepi Sungai Batanghari itulah peradaban Indonesia dikenal luas sampai ke tempat yang jauh. Saat ini Cagar Budaya Muaro Jambi telah dikembangkan menjadi daerah konservasi dengan kanal-kanal, kolam, dan sembilan candi indah yang terbuat dari batu bata merah. Di sana berdiri Candi Kedaton, Candi Gumpung, Candi Koto  Mahligai, Candi Astano, Candi Kembar Batu, Candi Gedong Satu, Candi Gedong Dua, dan Candi Telago Rajo.

BACA  Pemprov Kalteng Bangunan Jalur Kereta Api

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.