Jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara (Sulut) telah selesai dibangun. Jalan tol ini akan memangkas waktu tempuh Manado-Bitung dari 1,5 jam menjadi sekitar 30 menit saja.

Jakarta, tambahasil.com – PT Jasamarga Manado-Bitung (JMB) telah merampungkan pembangunan seksi 2B ruas Danowudu-Bitung, sehingga jalan tol Manado-Bitung diharapkan siap beroperasi penuh. Sedangkan jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer sudah beroperasi sejak diresmikan Presiden Joko Widodo, pada 29 September 2020.

Jalan tol ini akan menghubungkan dua kota terbesar di Sulawesi Utara, yakni Manado dan Bitung. Proyek ini dibagi menjadi dua tahap, yakni seksi I (ring road Manado-Sukur-Airmadidi) sepanjang 14 kilometer, dan seksi 2A (Airmadidi-Danowudu) sepanjang 11,5 kilometer telah beroperasi.

BACA  Presiden Lakukan Pelepasliaran Tukik di Cilacap

Ujung dari jalan tol Manado-Bitung seksi 2B ini tepat berada di persimpangan Pelabuhan Bitung, sehingga keberadaan tol tersebut meningkatkan kelancaran jalur logistik yang pada akhirnya mengembangkan industri-industri ekonomi, perikanan, perkebunan, dan pariwisata.

Proyek tol tersebut diharapkan mendukung peningkatan lalu lintas pada rute Manado-Bitung, mendukung sektor wisata serta pertumbuhan ekonomi di Manado, Minahasa Utara, dan Bitung. Jalan tol ini juga akan menjadi jalan akses utama ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Pelabuhan Hub Internasional Bitung yang akan dibangun.

Direktur Utama PT JMB Charles Lendra menjelaskan, dengan beroperasinya seksi 2B ruas Danowudu-Bitung ini, jalan tol Manado-Bitung telah siap untuk dioperasikan secara menyeluruh. Progres konstruksi untuk seksi 2B telah mencapai 100 persen dan uji laik fungsi (ULF) telah dilakukan pada awal Januari 2022 dan telah mendapatkan sertifikat laik operasi (SLO) oleh Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR.

BACA  Jalan Tol Semarang-Demak Yang Multifungsi

“Dengan beroperasinya seksi terakhir dari ruas jalan tol sepanjang 39,9 km ini maka jalan tol Manado-Bitung telah siap beroperasi sepenuhnya, melengkapi tiga seksi lainnya sepanjang 26,35 km yang sudah lebih dulu dioperasikan pada 2020,” kata Charles.

Ketika beroperasi nanti, akan ada satu gerbang tol baru sebagai akses masyarakat untuk masuk ke jalan tol Manado-Bitung, yaitu Gerbang Tol (GT) Bitung yang terkoneksi dengan Jl Ir Soekarno, yang merupakan akses terdekat menuju Pelabuhan Internasional Bitung.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.