Inklusi keuangan menjadi pendorong utama yang sangat penting untuk mencapai inklusivitas ekonomi, terutama kesetaraan bagi perempuan.

Jakarta, tambahasil.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada acara Side Event The 66 Session of The Commission on The Status of WomanRabu 16 Maret 2022 lalu menceritakan bagaimana upaya pemerintah Indonesia untuk memberdayakan perempuan.

Statistik Database Global Findex Bank Dunia pada 2017 menunjukkan, akses perempuan terutama dalam hal kepemilikan ternyata 7 persen di bawah laki-laki. Kepemilikan perempuan hanya 65 persen atau lebih rendah dibandingkan 72 persen untuk laki-laki. Kesenjangan itu relatif sangat rendah dibandingkan pada 2011 yang kesenjangannya sekitar 8 persen.

Oleh sebab itu, Sri Mulyani mengatakan, inklusi keuangan menjadi pendorong utama yang sangat penting untuk mencapai inklusivitas ekonomi terutama kesetaraan bagi perempuan.

BACA  Eskpor Keripik Nangka Indonesia Ke Taiwan

Dorongan kesetaraan gender ini akan dilakukan, salah satunya, melalui Presidensi G20 Indonesia yang bertema Recover Together, Recover Stronger.

“Anda tidak dapat pulih bersama, kecuali setengah dari populasi (perempuan) dapat memperoleh akses keuangan,” ujarnya.

Sri Mulyani Indrawati menyatakan, dorongan bagi potensi-potensi perempuan akan memberikan implikasi lebih signifikan bagi ekonomi, yakni menambah 28 triliun dolar AS atau 26 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) global. “Jika potensi perempuan kita sadari sepenuhnya, implikasinya bagi ekonomi global akan lebih signifikan, 28 triliun dolar AS atau 26 persen dari PDB,” katanya seperti dikutip Antara.

Sri Mulyani mengatakan jumlah itu akan cukup untuk mengganti kerugian ekonomi global selama dua tahun terakhir akibat adanya pandemi Covid-19. Tambahan 28 triliun dolar AS bagi ekonomi global akan tercipta lantaran perempuan dapat menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan mengingat sebagian besar usaha kecil dan menengah biasanya dimiliki dan dijalankan oleh perempuan.

BACA  Perempuan Indonesia Didorong Berkarya dan Produktif

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.