Pemerintah Provinsi NTB telah menyiapkan puluhan angkutan gratis menuju arena Sirkuit Mandalika untuk memudahkan penonton. Selain itu telah disiapkan juga kantong-kantong parkir dengan luas total mencapai hampir 15 hektare di sekitar lokasi Sirkuit Mandalika.

Mandalika, tambahasil.com – Mimpi itu akhirnya menjadi kenyataan ketika Indonesia kembali menggelar lomba balap motor dunia, World Superbike (WSBK) musim 2021. Terakhir kali, lomba digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, musim 1997 silam.

Tepat 24 tahun kemudian, bertempat di kawasan wisata superprioritas Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, nama Indonesia kembali berkibar di kancah balap roda dua dunia. Pebalap tim Pata Yamaha with Brixx, Toprak Razgatlioglu menjadi pebalap pertama yang menjajal secara resmi lintasan aspal Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Jumat (19/11/2021) siang.

Pemuda kelahiran Sakarya, Turki, 16 Oktober 1996 tersebut bukan sembarang pebalap. Ia adalah pemimpin klasemen sementara WSBK musim 2021 dengan 531 poin. Pemilik nomor 54 itu sedang mengincar titel juara dunia untuk pertama kalinya. Ia ingin menjadikan sirkuit sepanjang 4,31 kilometer yang terletak di Desa Kuta, Kelurahan Kuta, Kecamatan Pujut itu bagian dari catatan sejarahnya.

BACA  Gunakan Kekayaan Alam Berupa Energi Baru dan Terbarukan

Dalam sesi latihan hari pertama, Razgatlioglu yang telah 28 kali naik podium di musim ini, sukses melibas lintasan aspal terbaik di dunia bersama tunggangan favoritnya, Yamaha YZF R1 yang mengendong mesin 1.000 cc. Raungan sangar mesin pabrikan asal Negara Matahari Terbit itu memecahkan keheningan Mandalika Jumat siang. Ia mencatat waktu tercepat, 1 menit 34,985 detik untuk tiap putaran dari sirkuit dengan 17 tikungan itu.

Razgatlioglu, pemilik 13 juara seri 2021, mampu menyelesaikan 18 putaran dengan kecepatan rata-rata di trek lurus 162,973 kilometer per jam. Catatan waktu yang ia ukir itu unggul 1,5 detik lebih baik dari jagoan asal Inggris andalan Kawasaki Racing Team, Alex Lowes yang menempati urutan kedua sesi latihan hari pertama.

Catatan waktu tercepat berikutnya ditorehkan andalan GRT Yamaha asal Amerika Serikat, Garrett Gerloff. Penunggang Yamaha YZF R1 itu melaju 1,6 detik lebih lambat dari Razgatlioglu. Di urutan ketiga sesi latihan terdapat nama Scott Redding (Aruba.it Racing-Ducati) (+1,835 detik), dan Isaac Vinales pebalap Orelac Racing VerNatura, Isaac Vinales (+2,094 detik).

BACA  Moody's Putuskan Pertahankan 'Sovereign Credit Rating Indonesia'

Sedangkan pemilik urutan kedua klasemen sekaligus juara dunia enam musim, Jonathan Rea yang membela tim Kawasaki Racing, terpuruk di urutan 11 sesi latihan hari pertama. Pebalap Inggris berusia 34 tahun itu harus membuktikan dirinya mampu mencetak waktu tercepat pada sesi latihan hari terakhir, Sabtu (20/11/2021) besok sekaligus penentuan urutanĀ startĀ terdepan.

Seperti dilansir situs resmi WSBK, tercatat ada 20 pebalap yang mengikuti sesi latihan hari pertama. Umumnya mereka melibas 13-20 putaran untuk menemukan waktu terbaik di tiap putaran. Hanya pebalap asal Chek dari tim OUTDO TPR Team Pedercini Racing, Oliver Konig yang gagal menyelesaikan sesi latihan secara penuh.

Ketika hendak melahap tikungan ketiga pada putaran ketujuh, pebalap debutan ini kesulitan mengendalikan tunggangannya, Kawasaki ZX-10RR. Ia pun terlempar dari motor dan terjatuh di aspal.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.