Indonesia berada di peringkat ketujuh di dunia dengan koleksi kekayaan flora. Bahkan, 40 persen di antaranya adalah tumbuhan endemik alias hanya tumbuh di Indonesia.

Jakarta, tambahasil.com – Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan biodiversitas paling lengkap di dunia. Kendati luas wilayah kita hanya 1,3 persen dari luas bumi, tingkat keragaman hayati kita terbilang sangat tinggi. Mengutip pernyataan Cecep Kusmana dan Agus Hikmat, dua ahli tumbuhan Indonesia, dalam Keanekaragaman Hayati di Indonesia (2017), di negara kita setidaknya terdapat 25 persen dari total spesies tumbuhan berbunga yang ada di dunia.

Artinya, di Indonesia sejauh ini terdapat 20.000 jenis tumbuhan berbunga. Itu menjadikan kita berada di peringkat ketujuh di dunia dengan kekayaan flora sebanyak itu. Bahkan, 40 persen di antaranya adalah tumbuhan endemik alias hanya tumbuh di Indonesia.

BACA  Mentan Saksikan Panen Raya Padi di Kabupaten Merauke dan Salurkan Bantuan

Salah satunya adalah anggrek, tumbuh-tumbuhan dari keluarga Orchidaceae atau disingkat orchid, istilah yang diperkenalkan pada 1845 oleh botanis terkemuka Inggris, John Landley. Anggrek merupakan tanaman paling mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Mereka tumbuh di mana saja, bisa di dataran rendah hingga tinggi. Mulai dari kawasan bersuhu panas hingga dingin.

Di dalam buku Anggrek Spesies Indonesia yang diterbitkan oleh Direktorat Pembenihan Hortikultura Kementerian Pertanian, setidaknya telah teridentifikasi sekitar 750 famili, 43.000 spesies, dan 35.000 varietas hibrida anggrek dari seluruh penjuru dunia.

Sebanyak 5.000 spesies, di antaranya, tumbuh di Indonesia. Beberapa di antara jumlah tersebut diketahui merupakan spesies asli Indonesia, baik yang tumbuh di hutan belantara maupun telah dibudidayakan oleh masyarakat. Dari jumlah itu, 986 spesies tersebar di Pulau Jawa, 971 spesies berada di Pulau Sumatra, 113 spesies tumbuh di Kepulauan Maluku, dan sisanya bisa ditemukan di Sulawesi, Irian Jaya, Nusa Tenggara, dan Kalimantan.

BACA  Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin Apreasiasi Kinerja Sektor Pertanian

Salah satu spesies tersebut adalah anggrek kantung atau dikenal juga sebagai anggrek selop. Tanaman hias dari genus Paphiopedilum ini dikenal sebagai tumbuhan terresterial atau anggrek yang tumbuhnya di tanah.

Pada kategori itu, terdapat juga genus Spathoglottis dan Calanthe. Sedangkan anggrek yang tumbuhnya menempel pada tanaman lain dan tidak bersifat parasit dikenal sebagai epifit. Di kategori ini ada genus DendrobiumBulbophyllum, dan Coelogyne.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.