Dorna dan FIM menyebut Sirkuit Mandalika paling aman di dunia karena punya area run-off gravel sangat lebar. Mereka juga memberikan rekomendasi perbaikan jelang Pertamina Grand Prix of Indonesia. Pihak pengelola segera melakukan pembenahan untuk memastikan kondisi sirkuit sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Jakarta, tambahasil.com – Tes resmi pramusim MotoGP di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat baru saja berakhir.

Uji coba lintasan pada 11-13 Februari 2022  itu memberikan banyak hal baru bagi para pebalap, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), serta Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku pengelola Sirkuit Mandalika.

Tes tiga hari itu juga memberikan peluang bagi penyelenggara dan lembaga pengatur balapan untuk memastikan bahwa tempat penyelenggaraan balapan sesuai dengan standar MotoGP. Mereka juga melakukan penilaian untuk peningkatan yang diperlukan sebelum debut Sirkuit Mandalika di kalender balap motor dunia MotoGP.

BACA  Moratorium Penerbitan Izin Pinjaman Online

Selama tes, para pebalap MotoGP sangat menyukai desain (layout) Sirkuit Mandalika dengan area run-off gravel sangat lebar dan memenuhi standar keamanan balap motor dunia. Akan tetapi, mereka juga mengeluhkan kondisi trek yang kotor.

Promotor MotoGP dan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) telah mengidentifikasi dua area pembenahan, yaitu kebersihan permukaan lintasan dan banyaknya agregat seperti pasir, debu, dan kerikil yang mempengaruhi beberapa bagian dari sirkuit. Ini bisa terjadi karena adanya tekanan terus menerus pada permukaan lintasan dari ban-ban motor bermesin kapasitas besar hingga 1.000 cc.

FIM adalah lembaga yang mengatur regulasi balap otomotif (otosport) dunia. Mereka pula yang akan melakukan uji kelayakan atau homologasi terhadap Sirkuit Mandalika agar dapat dipakai sebagai lintasan balap MotoGP, Maret nanti. Homologasi merupakan hal penting bagi para pengelola sirkuit di dunia agar dapat dipakai untuk balapan internasional, baik itu roda dua atau roda empat.

BACA  Jokowi Lakukan Transformasi Ekonomi Dari Sektor Konsumsi Jadi Sektor Produksi

Seperti dikutip dari situs resmi MotoGP, Dorna, dan FIM merekomendasikan pengaspalan ulang sejumlah bagian lintasan sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5. Hal ini sesuai dengan masukan dari sejumlah pebalap seperti Fabio Quartararo, Marc Marquez, Pol Espargaro, Aleix Espargaro, Alex Marquez, dan Alex Rins yang menyebut lokasi-lokasi tadi seperti terkelupas aspalnya.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.