Yogyakarta, tambahasil.com – Acara “Fiesta Singkong 2021 digelar dengan tema “Produktivitas Meningkat, Sejahtera Bersama Singkong”. Acara yang digawangi Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Masyarakat Jagung Indonesia (MSI) dan grup Accor bertujuan menaikkan kelas singkong. Tak hanya itu, dilakukan juga pengukuhan Kampung Singkong di Kota Salatiga oleh Walikota Salatiga dengan Panen singkong secara simbolis.

Digelar di Novotel Suites Yogyakarta Malioboro, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ( SYL ) yang ikut hadir dalam vcon mengatakan hadirnya kegiatan fiesta singkong ini dapat memberi semangat kepada MSI dan petani singkong untuk dapat terus meningkatkan produksi agar dapat menjadi makanan pendamping beras atau nasi dan makanan pokok lainnya.

BACA  Tumbuh dan Tangguh, Presiden Jokowi Puji Sektor Pertanian Pada Merdeka Ekspor

“Terima kasih kepada seluruh semua unsur yang sudah andil yang telah menggagas acara ini,” ucap SYL.

Fiesta singkong ini mengakumulasi 3 agenda yaitu budidaya, pasca panen dan mengolahnya serta bagaimana memasarkan budidaya dan mencari market yang stabil. Kemudian market yang kokoh dan market yang makin expand untuk bahkan bisa menghadirkan kekuatan pertanian untuk singkong dan bisa mendunia.

“Jangan hanya menjual singkong tapi juga harus dapat mengolahnya dan inilah wujud pertanian yang nyata. Dan saya berterima kasih untuk grup Accor yang sudah mau membantu mempopulerkan produk pertanian,” ujar SYL.

Di tempat yang sama Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi mengakui acara Fiesta Singkong 2021 ini sangat bagus sekali bagaimana singkong ini dapat memenuhi standar dan kualitas yang diminati pasar termasuk di hotel-hotel. Produk olahan singkong sangat banyak sehingga kemajuan baru di sektor pertanian untuk meningkatkan perekonomian rakyat dan negara dan sekaligus menjadikan produk petani naik kelas.

BACA  Varietas Unggul Baru Efektif Dalam Menangani Masalah Stunting

“Perintah Pak Menteri Pertanian Syahrul Limpo agar mengangkat pangan lokal bernilai ekonomi tinggi. Ini berdampak langsung kepada kesejahteraan petani dan perekonomian nasional,” jelasnya.

Ketua Umum MSI, Arifin Lambaga mengatakan singkong merupakan potensi sumber pangan lokal, dan untuk itu Kementan mengajak masyarakat agar mengubah pola pikir, bahwa beras/nasi bukan satu-satunya sumber karbohidrat.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.