Hoya sudah sejak lama telah dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional oleh masyarakat di Indonesia dan kawasan Polinesia. Hoya juga mampu menyerap polutan pada suatu ruangan.

Jakarta, tambahasil.com – Hoya adalah tanaman khas daerah tropis dari keluarga Apocynaeceae. Tanaman ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Vietnam. Dalam jenis lebih kecil juga ditemui di Australia serta India bagian selatan.

Setidaknya ada 200-300 jenis hoya tumbuh di dunia di mana 25 persennya atau sekitar 50–60 jenis terdapat di Indonesia, India (39 jenis), Thailand (32 jenis), dan Malaysia (25 jenis). Di Indonesia, tanaman ini banyak dijumpai di Pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi, dan Papua. Misalnya Hoya archboldianaH. australisH. cinnamomifoliaH. kerrii, dan H. imbricata.

Nama hoya disematkan oleh ahli tumbuhan kenamaan berkebangsaan Skotlandia, Robert Brown diambil dari nama belakang sahabatnya, seorang botanis Inggris Thomas Hoy. Brown menemukan hoya saat melakukan ekspedisi sains ke benua Asia dan Australia menggunakan kapal HMS Investigator, 1798 silam.

BACA  Chef Hotel Pamerkan Singkong Pada Show Fiesta Singkong 2021

Nama tumbuhan dengan bunga indah berbentuk pola bintang ini diberikan Brown sebagai penghargaan atas dedikasi Hoy selama 40 tahun meneliti tumbuhan. Brown menyertakan nama hoya dalam bukunya Prodromus Florae Novae Hollandiae et Insulae Van Diemen.

Buku terbitan 1810 itu berisi 1.200 nama flora yang ditemukan pria kelahiran Montrose, 21 Desember 1773, saat menggelar ekspedisinya. Menurut Brown, hoya merupakan tumbuhan merambat atau melilit batang pohon yang ditumpangi, umumnya mereka tumbuh 1–18 meter tingginya.

Corak bunganya semiglosi serta kemilaunya agak kabur karena tertutupi oleh bulu-bulu halus. Jika dilihat sepintas, hoya tidak tampak seperti bunga sungguhan, melainkan seperti replika. Karena itu hoya kerap dijuluki sebagai tanaman lilin (waxplant) atau bunga porselen (porcelain flower).

BACA  Presiden RI Bertemu Dengan Peternak Ayam Petelur

Satu kuntum bunga hoya berukuran 1,5 sentimeter dan tumbuh membentuk kelompok. Satu kelompok biasanya berjumlah 30 kuntum bunga harum semerbak, yakni wangi aroma cokelat atau selai kacang. Seperti tercium dari Hoya carnosa yang bentuknya kerap disamakan dengan anggrek. Bunga hoya mempunyai banyak nektar lengket dan disukai kupu-kupu. Tak jarang bunganya berjatuhan ke tanah karena beratnya nektar atau karena perlakuan para serangga penyerbuk.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.