Jakarta, tambahasil.com – Cabai dikenal masyarakat Indonesia, setiap masakan pada umumnya selalu ada kandungan cabai. Cabai digunakan sebagai bumbu dalam beragam hidangan Nusantara. Rasa dan tingkat kepedasan dari cabai beragam.

Manfaat dari cabai sebagai bahan masakan maupun bagi kesehatan yang kaya dengan berbagai vitamin dan mineral, nutrisi baik dalam cabai :

• Vitamin C. Cabai sangat tinggi dalam antioksidan kuat, penting untuk penyembuhan luka dan fungsi kekebalan tubuh.

• Vitamin B6. Sebagai keluarga vitamin B, B6 berperan dalam metabolisme energi.

• Vitamin K1. Juga dikenal sebagai phylloquinone, vitamin K1 sangat penting untuk pembekuan darah dan tulang dan ginjal yang sehat.

• Kalium. Mineral makanan esensial yang melayani berbagai fungsi, kalium dapat mengurangi risiko penyakit jantung bila dikonsumsi dalam jumlah yang memadai.

BACA  Memadukan Hasil Pertanian Dengan Perikanan Jadi Camilan Bergizi

• Vitamin A. Cabai merah tinggi beta karoten, yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A.

Cabai ditanam pada ketinggian dibawah 1400 m dpl, cabai dapat ditanam pada dataran rendah sampai dataran tinggi. Di daerah dataran tinggi tanaman cabai dapat tumbuh, tetapi tidak mampu berproduksi secara maksimal.

Suhu yang ideal untuk pertumbuhan cabai merah adalah antara 24-28oC. dengan curah hujan berkisar 800-2000 mm per tahun dengan kelembaban 80%. Cabai merah sendiri dapat tumbuh pada musim kemarau asal mendapatkan air yang cukup.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.