Tak kalah menarik, dia menyebut, pelatihan ini dipandu oleh para Pelatih BPPP Tegal dan Mahmud Effendi, penyuluh perikanan Kabupaten Temanggung yang pada 17 Agustus 2021 lalu menerima tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Joko Widodo. Mahmud meraih penghargaan tersebut atas jasanya dalam mengembangkan maggot sebagai pakan alternatif guna menekan biaya produksi budidaya ikan.

Anggota Komisi IV DPR RI Panggah Susanto menyebut, budidaya maggot ini didukungnya sebagai “challenge” dan respon pemerintah bagi isu sampah dan lingkungan baik di kota-kota maupun perdesaan.

“Dengan adanya kegiatan pengumpulan sampah organik dari pasar-pasar lokal, diharapkan dapat mengurangi beban TPA, karena sampah yang diolah tersebut dapat menjadi media bagi pertumbuhan dan perkembangbiakan maggot serta hasil lain seperti pupuk kompos dan cair. Hal ini tentunya sejalan dengan program yang telah dicanangkan Kabupaten Temanggung dalam rangka mewujudkan ‘Temanggung Bebas Sampah’,” ucapnya.

BACA  Gagalkan Aksi Satu Kapal Ikan Asing Pencuri Ikan di Selat Malaka

Mengapresiasi hadirnya pelatihan, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Esti Dwi Utami menyampaikan, pemanfaatan maggot sebagai salah satu alternatif pakan yang melibatkan sampah sebagai medianya, selaras dengan program unggulan Pemerintah Kabupaten Temanggung yaitu Masyarakat Unggul Sejahtera dengan Tani Pekarangan dan Desa Bebas Sampah (Mustika Desa). Esti optimis, pelatihan dapat membantu masyarakat dalam mengefisiensikan biaya produksi yang dikeluarkan untuk membeli pakan sampai dengan 50 persen.

“Sebagai contoh, dalam budidaya 1.000 ekor lele dengan biaya produksi seharga 4 juta rupiah, biaya pakan biasanya mencapai 2 juta. Tetapi dengan menggunakan maggot, biaya pakan bisa dihemat sampai dengan 1 sampai 1,25 juta,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta pelatihan dapat mengembangkan budidaya maggot di tempat tinggal dan tempat kerjanya sebagai pilot proyek atau sentra produksi maggot melalui percontohan penyuluhan dan desa inovasi. Upaya tersebut diharapkan dapat memberikan hasil yang berkelanjutan kepada kesejahteraan masyarakat.

BACA  Kampung Nelayan Maju Dorong Pertumbuhan Ekonomi

[Sumber KKP]

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.