Beasiswa Lembaga Pengelola Lembaga Pendidikan (LPDP) tahap I dibuka mulai 25 Februari 2022-27 Maret 2022. Ada tiga jalur pendaftaran yang dapat diikuti peserta, yakni kategori umum, afirmasi, dan targeted.

Jakarta, tambahasil.com – Lebih dari 10 tahun kontribusi Lembaga Pengelola Lembaga Pendidikan (LPDP) dalam meningkatkan kualitas pendidikan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Peran lembaga tersebut diwujudkan dengan memberikan kesempatan setiap anak bangsa meraih pendidikan dunia melalui program beasiswa penuh bagi program magister (S2) dan doktoral (S3).

Pemerataan kesempatan beasiswa bagi seluruh rakyat Indonesia diwujudkan melalui pengelompokan jenis beasiswa menjadi beasiswa afirmasi, targeted group, dan reguler. Termasuk program afirmasi yang menyasar anak muda yang tinggal di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

BACA  Indonesia Sebagai Salah Satu Produsen Tembaga Dunia

Ketika memberikan arahan dalam Webinar Pembukaan Beasiswa LPDP 2022, Jumat (25/2/2022), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, jatah beasiswa LPDP di tahun ini dibuka dengan jumlah 29.872 penerima beasiswa.

Pembiayaan beasiswa itu merupakan salah satu bentuk keberpihakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terhadap pendidikan nasional dan pengembangan SDM secara umum.

Menkeu Sri Mulyani mengingatkan, para penerima beasiswa LPDP tersebut adalah sedikit dari masyarakat Indonesia yang mendapatkan pendidikan.

“Mereka hanya 0,01 persen dari penduduk Indonesia yang berpendidikan S2 dan S3 yang jelas ini adalah sebuah presentase yang sangat kecil. Maka saya selalu menyampaikan Anda semua yang mendapatkan beasiswa dari LPDP adalah orang-orang pilihan yang mendapatkan fasilitas dari negara,” ujar Sri Mulyani kepada para mahasiswa maupun alumni LPDP yang mengikuti webinar tersebut.

BACA  Pelajar Menengah Atas Berkesempatan Peroleh Beasiswa Pendidikan di Amerika

 

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.