Upacara pembukaan dan penutupan Peparnas XVI Papua berlangsung di Stadion Mandala, Kota Jayapura. Apa dan seperti apa Stadion Mandala itu?

Jayapura, tambahasil.com – Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua telah digulirkan mulai 2–15 November 2021. Upacara pembukaan Peparnas XVI Papua telah berlangsung di Stadion Mandala, Kota Jayapura, pada Jumat, 5 November 2021.

Perhelatan Peparnas 2021 diikuti 1.985 atlet dari 34 provinsi akan bertanding dalam pesta olahraga tersebut. Mereka akan berlomba di 12 cabang olahraga dengan 602 nomor pertandingan.

Cabang olahraga tersebut adalah angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola cerebral palsy, tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja. Stadion Mandala menjadi pusat kegiatan Peparnas kali ini. Apa dan seperti apa stadion itu?

BACA  Kinerja Ekonomi Indonesia Yang Terus Meningkat

Setiap kali Persipura menjadi tuan rumah Liga 1, Stadion Mandala Jayapura selalu menjadi tempat pertandingan mereka. Mandala dan Persipura seperti sudah melekat menjadi satu. Maklum, stadion ini juga menjadi markasnya klub kebanggaan masyarakat Papua. Hampir setiap Persipura main di Mandala, ribuan orang menonton di stadion ini. Bahkan pada musim 2014/2015, Stadion Mandala menjadi tempat berlangsungnya kompetisi AFC.

Stadion Mandala beberapa kali mengalami renovasi untuk mencapai standar internasional. Pada 2005, Stadion Mandala mendapatkan standar B+ AFC. Stadion Mandala awalnya berkapasitas 30.000 penonton. Namun setelah direnovasi oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua, kapasitasnya menjadi 50.000 penonton.

Pada zaman Belanda, Stadion Mandala disebut Lapangan Sepak Bola Dok V yang jarang dipakai untuk pertandingan dan kompetisi. Saat itu, kompetisi sepak bola Liga Hollandia Bond lebih banyak menggunakan Lapangan Bergendal atau Lapangan Argapura milik klub PSK Kajoe Pulau dan Lapangan Hollandia Binnen yang sekarang bernama Lapangan Trikora.

BACA  Berdirinya Komunitas Penggiat ECO ENZYM Di NTT

Sekitar 1950-an, di Kota Jayapura (dulu Hollandia) terdapat dua liga sepak bola, yaitu Voetbalbond Hollandia en Omstreken (VHO) dan Voetbal Bond Hollandia (VBH). Klub-klub dari liga tersebut bermain di lima lapangan yang ada di Hollandia atau Jayapura sekarang, dan salah satunya adalah Stadion Mandala atau Lapangan Dok V.

Stadion Mandala pertama kali direnovasi pada 1972-1973 oleh mantan Pangdam XVII/ Cenderawasih Brigjen Acub Zainal. Acub Zainal juga yang mengagas diselenggarakannya Laga Acub Zainal Cup, yaitu pertandingan sepak bola antarkabupaten di Provinsi Irian Jaya.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.