Pemerintah mendorong alumni program kartu prakerja untuk menekuni dunia wirausaha. Mereka akan dibantu pembiayaan UMKM dengan pola kredit usaha rakyat.

Jakarta, tambahasil.com – Di tengah kesulitan, pasti ada peluang baik. Begitulah pameo klasik yang sering didengar publik. Kondisi suram akibat pandemi Covid-19, terjangkit masalah kesehatan, dan terpuruk ekonominya akibat tidak bisa beraktivitas sosial, tidak membuat kendor semangat masyarakat.

Masih ada sebagian kalangan yang sigap mencari peluang sampai berbuah menjadi berkah. Program kartu prakerja menyodorkan peluang bangkit dari keterpurukan tersebut.

Ketika masih pandemi Covid-19 baru melanda negeri ini, Maylinda Rachma Sari dirumahkan dari pekerjaan sebagai petugas fotokopi di sebuah perusahaan. Saat mengetahui adanya program kartu prakerja dari pemerintah, perempuan 26 tahun asal Sidoarjo itu segera mendaftar dan berhasil diterima di gelombang 9 tahun 2020.

BACA  Kolaborasi Sukseskan Implementasi Program Analog Switch Off (ASO)

Dari ilmu bisnis yang dia dapatkan dalam pelatihan itu, Maylinda memutuskan untuk berwirausaha. Dia melihat usaha cetak foto dan fotokopi sebagai peluang, karena lokasi tempat tinggalnya dekat dengan sekolah dan kelurahan.

“Dana insentif yang saya terima digunakan sebagai modal usaha untuk mencicil kredit pembelian berbagai peralatan seperti laptop, alat laminating, dan printer. Saat ini usaha saya sudah berjalan selama lebih dari satu tahun,” kata Maylinda.

Lain lagi cerita Miftakhul Huda, penerima kartu prakerja gelombang 8. Awalnya Huda bekerja sebagai satuan pengamanan di sebuah pabrik. Tapi, dia diberhentikan karena pandemi Covid-19. Saat tengah galau karena tidak memiliki pekerjaan, Miftakhul mendapatkan informasi tentang adanya program kartu prakerja dari media sosial.

BACA  Gotong Royong Ciptakan Pendidikan Yang Berkualitas

Setelah mendapatkan insentif, dana tersebut dia pergunakan untuk memulai modal usaha berjualan pakaian. Saat ini, usahanya sudah berjalan selama satu tahun lebih dan dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pelatihan komputer yang diikuti berguna dalam pembukuan dan merapikan data penjualannya.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.