Jakarta, tambahasil.com – Presiden Joko Widodo meneruskan tradisi baik mengenalkan keragaman budaya Indonesia pada peringatan Kemerdekaan RI ke-76 di Istana Merdeka, Jakarta. Kali ini giliran pakaian adat asal Lampung yang dikenakan Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-76 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021) menampilkan sisi lain dari kebinekaan Indonesia. Mayoritas peserta upacara mengenakan pakaian adat dari seluruh provinsi di Indonesia. Upacara dilakukan dalam protokol kesehatan yang ketat termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak.

Pada upacara kali ini Presiden memilih pepadun, pakaian adat asal Lampung untuk dikenakannya saat menjadi inspektur upacara. Pakaian adat ini dikenal juga sebagai baju tulang bawang dan umumnya dipakai pada acara-acara besar.

BACA  Memanfaatkan Air Hujan Untuk Kebutuhan Hidup

Pakaian adat yang dipakai Presiden terdiri atas baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang berwarna putih juga. Di luarnya, dibalut dengan songket sarung tumpal yaitu kain sarung khas Lampung ditenun dengan benang emas.

Sarung tumpal atau tapis yang dipakai Kepala Negara menutup celana dari pinggang hingga lutut. Penampilan Presiden dilengkapi dengan kain selendang, ikat pinggang, dan tutup kepala yang semuanya berwarna senada merah.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak anggun mengenakan busana nasional berwarna gading dilengkapi kain songket. Penampilan sederhana Ibu Iriana tampak dipadu dengan jilbab berwarna senada.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin tampak serasi mengenakan pakaian adat Sunda dari Sukabumi, Jawa Barat. Wapres terlihat cukup elegan dengan setelan jas tertutup (beskap) dan celana panjang warna biru yang dipadukan dengan kain samping batik yang diikatkan di pinggang.

BACA  Disalurkan ke 2,1 Juta Penerima Bantuan Subsidi Upah/Gaji Tahun 2021

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.